Benarkah 5 Hal Ini Merupakan Tanda Suami Tak Cinta Istri?
Cari Berita

Advertisement

Benarkah 5 Hal Ini Merupakan Tanda Suami Tak Cinta Istri?

5/17/17




Muslimah, perasaan cinta dalam rumah tangga merupakan hal yang sulit untuk dibuktikan, karena para suami bisa mudahnya mengatakan cinta, namun bagi istri tak pernah ada pembuktian dalam tindakan.

Sebaliknya, banyak suami yang bingung dengan sikap istri mereka yang selalu menuntut cinta, padahal ia  telah mengatakan cinta berulang kali, dan merasa telah melakukan yang terbaik untuk membuktikannya.

Saran, para istri sebaiknya jangan terburu-buru men-judge bahwa suami tak mencintai Anda. Ada kalanya sebuah tindakan yang terlihat dingin serta tak peduli, sebenarnya bukanlah pertanda suami tak cinta, melainkan ada banyak faktor yang melatarbelakanginya, misalnya 5 hal di bawah ini:

1. Suami tidak betah di rumah

Suami selalu tampak bersemangat jika ada acara di luar rumah, entah acara sosial, maupun acara bersama teman-temannya. Seolah-olah ia tidak betah diam di rumah bersama istri dan anak-anak.

Istri perlu mengenali karakteristik suami dengan baik, ada kalanya seorang suami mempunyai kebiasaan beraktivitas yang padat sebelum menikah, sehingga ketika telah menikah pun, ia masih terbiasa untuk mengikuti kegiatan-kegiatan di luar rumah.

Yang paling penting adalah adanya komunikasi yang baik antara pasutri, sehingga istri tak merasa ditinggalkan terus-menerus. Tak ada salahnya juga jika istri membuat kesepakatan mengenai adanya hari keluarga di mana suami tak boleh ada aktivitas di luar pada hari tersebut.

2. Hubungan seks berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali

Memang sangat aneh jika ada laki-laki yang tidak bersemangat melakukan hubungan seks dengan istrinya. Namun ini bukan serta-merta menandakan suami tak cinta, bisa jadi ia memiliki masalah. Misalnya terlalu lelah, stres yang amat sangat, ragu meminta haknya pada istri, atau bisa jadi juga karena suami mulai menikmati pornografi yang menyebabkannya tidak lagi menikmati seks dengan pasangan halalnya.

Sekali lagi faktor komunikasi amat penting, jika suami telah memperlihatkan gelagat ini, istri jangan membiarkan saja, cobalah untuk menanyakan mengapa sudah lama tidak berhubungan? Apa yang menjadi masalah, silakan dicari solusinya berdua.

3. Makin sering komplain pada istri

Setiap yang istri lakukan sepertinya salah di mata suami, ia senantiasa menyudutkan dan komplain pada kekurangan istri. Apakah ini pertanda bahwa suami tak lagi cinta? Sangat mungkin hal ini dilandasi oleh masalah pribadi yang dihadapi suami namun tidak diketahui oleh istri.

Misalkan, suami menanggung beban masalah di keluarganya yang belum diceritakan pada istri, masalah ini lantas membuatnya stres dan memerlukan 'sasaran' untuk melampiaskan emosinya.

Sebagai istri janganlah pasif dan hanya menggerutu di belakang suami, juga jangan berkonfrontasi dengan ikut-ikutan meledak di hadapan suami, cobalah tetap berkepala dingin dan membicarakan baik-baik keberatan istri menerima komplainan ini dan itu dari suami.

4. Tidak lagi berkomunikasi dengan istri

Dalam sehari semalam, kata-kata yang diucapkan suami pada istri tidak lebih dari sepuluh kalimat, bahkan chatting via sms dan sosmed pun tidak, menanggapi ucapan istri pun tidak, apakah suami tidak lagi mencintai istri?

Jika istri mengetahui bahwa suami adalah seorang yang dingin dan tidak banyak bicara, maka bisa jadi itu memang karakternya yang perlu diterima oleh istri, namun jika aslinya suami adalah seorang yang hangat, terbuka, dan suka berbicara, memang hal ini mengindikasikan sesuatu.

Istri bisa mengintrospeksi diri apakah ada kesalahan yang pernah istri lakukan yang membuat hati suami tak berkenan? Coba buka dialog pada suami, dan jangan menunda hingga kejadian ini berlarut-larut.

5. Suami memperhatikan wanita lain

Jika suami mulai memperhatikan wanita lain, apakah ini menandakan ia tak lagi cinta istri? Belum tentu! Meskipun idealnya seorang suami yang shaleh menjaga perasaan istrinya dengan bersikap setia dan menjaga pandangannya, tapi tetap saja suami adalah manusia biasa yang bisa saja tergoda jika ada wanita lain yang lebih perhatian padanya, lebih menyenangkan pandangannya.

Maka istri sudah saatnya mempercantik diri lebih dan lebih lagi di hadapan suami, agar suami kembali menatap istrinya seorang.

Demikianlah beberapa 'sanggahan' yang mudah-mudahan bisa melegakan perasaan istri yang mungkin merasa suami tidak mencintainya. Sungguh, cinta adalah masalah hati, sebaiknya kita berfokus mengejar cinta Allah daripada cinta suami, karena manusia manapun akan senantiasa berpotensi mengecewakan. Wallaahualam.