Kalau Memang Salah,Kenapa Harus Malu Untuk Meminta Maaf???
Cari Berita

Advertisement

Kalau Memang Salah,Kenapa Harus Malu Untuk Meminta Maaf???

5/24/17





Setiap kita tidak luput melalukan kesalahan. Termaksud terhadap pasangan kita. Akan tetapi terkadang hal yang paling berat bagi setiap pasangan baik suami maupun istri adalah mengakui kesalahan dan meminta maaf.

Saat suami atau istri mengetahui dirinya melakukan  kesalahan terkadang tidak mau mengakui kesalahannya dan tidak mau meminta maaf. Padahal dirinya sebenarnya tahu kalau dia bersalah. Hal ini karena dia takut setelah itu pasangannya akan berbuat lancang terhadapnya. 

Padahal tidak, sebenarnya dengan meminta maaf dan mengakui kesalahannya akan membuat hubungan mereka lebih baik dan pasangannya akan lebih sayang terhadapnya.

Coba bayangkan, saat pasangan kita melakukan kesalahan dan datang kepada kita untuk mengakuinya dan meminta maaf, apakah yang anda rasakan? Apakah muncul rasa ingin melampiaskan kemarahan atau rasa benci? Tentu tidak. 

Akan tetapi saat pasangan anda meminta maaf dan mengakui kesalahannya, anda akan merasakan tidak ada lagi ganjalan dalam jiwa anda. 

Hal ini juga akan meningkatkan rasa sayang dan percaya anda pada pasangan anda sehingga hubungan dengan pasangan lebih baik dan kuat. Oleh karena itu kenapa kita harus malu mengakui kesalahan dan meminta maaf pada pasangan kita? 

Rasulullah bersabda, “ Setiap manusia banyak melakukan kesalahan, dan sebaik- baik orang yang bersalah adalah yang banyak bertaubat.” (HR. At- Tirmidzi, Ibnu Majah, dan al- Hakim)

Bertaubat adalah cara meminta ampunan pada Allah, ketika kita melakukan kesalahan padaNya, akan tetapi Allah tak mengampuni dosa kita terhadap manusia lain, sampai yang bersangkutan memaafkan kesalahan kita. 

Oleh sebab itu, jika memiliki kesalahan pada pasangan hidup, jangan pernah gengsi untuk mengakui kesalahan dan meminta keridhoannya. Semoga Allah memberi ampunan untuk kita sekeluarga.