Alasan Kenapa Disunnahkan Membaca Qunut Disaat Tanggal 15 Akhir Bulan Ramadlan Dalam Shalat Sunnah Witir
Cari Berita

Advertisement

Alasan Kenapa Disunnahkan Membaca Qunut Disaat Tanggal 15 Akhir Bulan Ramadlan Dalam Shalat Sunnah Witir

6/19/17


Dimulai dari malam ke-15 Ramadhan, shalat witir biasa dilakukan dengan membaca doa qunut seperti di setiap shalat Shubuh. Walaupun bacaan qunut tidak mutlak dilakukan oleh setiap Muslim.

Tentang Qunut di bulan Ramadhan. Kenapa yang disunnahkan membca Qunut pada tgl 15 Kenapa dari tgl 1 s/d 14 tidak di anjurkan.

Mengutip NU Online via Islampos, membaca qunut pada akhir shalat witir bukanlah sesuatu yang baru. Kebiasaan ini sudah berlangsung cukup lama sejak masa sahabat sampai sekarang. Awal mulanya adalah Ubay Ibn Ka’ab, Umar Ibn Khatab, dan beberapa sahabat lainnya membaca qunut di akhir shalat witir setelah separuh Ramadhan atau di malam ke-15.

Lalu, Imam al-Nawawi dalam al-Adzkar menjelaskan:

“Menurut kami, disunnahkan qunut di akhir witir pada separuh akhir Ramadhan. Ada juga dari kalangan kami (Syafi’iyyah) yang berpendapat, disunnah qunut di sepanjang Ramadhan. Kemudian ada pula yang berpendapat bahwa disunnahkan qunut di seluruh shalat sunnah. Ini menurut Madzhab Abu Hanifah. Namun yang baik menurut madzhab kami adalah model yang pertama, yaitu qunut pada separuh akhir Ramadhan.”

Dalam pandangan Imam al-Nawawi, disunnahkan qunut di akhir shalat witir pada separuh akhir Ramadhan. Meskipun menurut sebagian pendapat ada yang membolehkan qunut sepanjang Ramadhan, namun pendapat yang paling kuat dalam madzhab Syafi’i adalah qunut dikhususkan pada separuh akhir Ramadhan. Wallahu a’lam.