Inilah 10 Rumus Rahasia Agar Selalu Tegar Menghadapi Cobaan Hidup

Advertisement

Advertisement 970x90px

Inilah 10 Rumus Rahasia Agar Selalu Tegar Menghadapi Cobaan Hidup

Cang Karna
7/6/17



Adakalanya sebagai manusia biasa pasti mendapat ujian atau cobaan dari Allah Yang Maha Kuasa. Bahkan seorang Nabiyullah sekalipun menghadapi cobaan hidup, seperti Nabi Yunus yang ditelan ikan raksasa. Meskipun mendapat cobaan ditelan ikan raksasa, Nabi Yunus AS. Tetap tegar menghadapi ujian dari Allah SWT dan senantiasa beribadah kepada Allah.

Nah, lantas bagaimana agar kita selalu tegar menghadapi setiap cobaan hidup? berikut 10 kunci rahasia agar menjadi tegar menghadapi cobaan hidup, diantaranya :


1. Sebagai umat Muslim, kita harus menyadari bahwa Allah SWT selalu dalam setiap langkah kehidupan kita.


Allah itu dekat, tidak ada alasan untuk Allah meninggalkan kita kecuali kita sendiri yang menjauh dari-Nya, bahkan ketika kita membutuhkan Ia sekalipun, seketia Ia akan hadir untuk kita, ketika kita mencoba mendekatiNya dengan cara berjalan bahkan Allah akan lari kepada kita..  Subhanallah..

2. Kita harus selalu berbaik sangka (mempunyai pikiran yang baik) kepada Allah SWT.


Allah itu maha baik, tiada satupun keburukan yang diberikan oleh Allah kepada makhluknya melainkan hanya untuk kebaikan makhluknya tersebut. Allah itu maha pengasih, maka tidak patut apabila kita berburuk sangka menganggap Allah tidak adil, karena semua yang Allah berikan adalah demi kebaikan kita.

3. Selalu menggantungkan nasib kepada Allah SWT. 


Karena Allah yang memberikan kebaikan atau keburukan untuk kita semua. Jadi, jangan pernah mempunyai harapan kecuali hanya kepada Allah semata. Allah pasti memberikan apa yang kita mau, tapi syaratnya kita harus sabar, dan bergantung hanya padaNya dulu.

4. Harus selalu percaya di balik takdir Allah, Insya Allah ada hikmah paling indah


Takdir manusia berbeda-beda, ada yang ditakdirkan kaya, miskin, berkecukupan, sakit, sehat, bahkan mati di usia muda, namun bagaimanapun takdir tersebut pastilah ada hikmah yang begitu Indah dan kita harus percaya itu.

5. Sebagai muslim harus mengetahui hakikat hidup di dunia ini



Kita hidup di dunia ini bukankah hanya sekedar meneguk air yang jumlahnya tak sampai segelas? Lantas hal apa lagi yang apa lagi yang bisa kita banggakan dari sekedar meneguk air yang hanya sebentar? Kita ditugaskan hanya untuk ibadah, berbuat baik terhadap sesama, dan yang terpenting adalah menjalankan semua perintah Allah serta menjauhi laranganNya. Insya Allah jika kita faham maksudnya hidup kita akan lebih indah, damai dan bahagia, aminn.


6. Jika takdir menimpa kita, percayalah itu memang takdir Allah dan tidak meleset.


Sekali lagi kita harus percaya pada takdir Allah, dan takdir Allah tidak mungkin meleset, tidak akan kita dapatkan suatu yang kita inginkan apabila itu bukan ditakdirkan untuk kita. Dan sekalipun kita tidak menginginkan sesuatu tapi jika itu sudah menjadi takdir kita ya pasti akan kita miliki sesuatu tersebut. Allah maha tahu apa yang tidak kita ketahui. Tugas kita harus tetap berusaha dan berharap yang terbaik.


7. Selalu memohon atau berdoa kepada Allah SWT. Hanya kepada Allah satu-satunya tempat meminta. 


Semua tak akan terjadi apabila kita tidak meminta, berharap, dan memohon. Dan itu mutlak hanya Allah yang bisa mengabulkan semua permintaan kita, karena Allah maha pemberi lagi maha mengetahui.

8. Raihlah kunci kehidupan dengan selalu mendekatkan diri pada Allah SWT.



Dengan dekat kepada Allah sang Pencipta alam, kita akan merasa tenang, tentram, segala sesuatu tak ada yang perlu dikhawatirkan, karena semua sudah diatur sama Allah.

9. Bersabarlah jika sedang dilanda cobaan yang berat. 



Ini menandakan Allah sayang pada hamba-Nya . Insya Allah pertolongan dari Allah semakin dekat. Semakin besar cobaan maka semakin besar pula hadiah yang tengah Allah siapkan untuk kita.


10. Fokus berusaha dan beribadah saja



Sebagai manusia jangan sampai mengeluarkan energi untuk berpikir tentang bagaimana pertolongan dari Allah. Bila Allah sudah berkehendak maka semua bisa terjadi tanpa ada yang menghalanginya.

Ke sepuluh hal diatas semua berhubungan antara Allah SWT dengan manusia. Sebagai manusia, kita menyadari bahwa sangat lemah di hadapan Allah SWT. Bila hidup sedang dalam kelinglungan, ketidak pastian dan patah semangat, Insya Allah sesudah mendapat kekuatan dari luar akan menjadi kuat sendirinya. Kekuatan dari luar itu ialah kekuatan yang datang dari Allah SWT yang diberikan untuk hamba-Nya.

Sahabat renungan Islam, sadarlah bila kita semua lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, memiliki jiwa yang sangat kuat, memiliki iman dan aqidah yang kuat. Maka dalam menjalani kehidupanpun tidak pernah mengalami kegundahan hati. Insya Allah jika sudah memahami 10 kunci lebih tegar menghadapi cobaan hidup.