8 Ciri Orang Sukses yang Lebih Penting Dari Sekadar Hasilkan Uang
Cari Berita

Advertisement

8 Ciri Orang Sukses yang Lebih Penting Dari Sekadar Hasilkan Uang

8/28/17

Kebanyakan kita memahami bahwa ukuran dari kesuksesan adalah memiliki banyak uang alias kaya raya. Tentu memiliki banyak uang bukanlah sebuah keburukan. Tapi mencintai uang lebih dari segalanya dapat membawa dampak buruk.

Tapi apakah benar ukuran dari kesuksesan adalah uang? Belum tentu juga, karena begitu banyak orang kaya yang tidak bahagia dan hidupnya tidak berarti.

Kita bisa memiliki uang, kekayaan, kekuasaan, dan status namun tidak bahagia. Karena memiliki semua itu tidak sama dengan kesuksesan.

Sebab kesuksesan yang sejati adalah memahami esensi hidup, lebih dari sekadar menghasilkan uang. Seperti apa kesuksesan yang sebenarnya itu? Dalam buku 20 Pelajaran Hidup yang Berharga, karya Hal Urban, disebutkan bahwa orang sukses itu adalah:

1. Menerima hidup apa adanya
Orang sukses tidak mengeluh akan segala kesulitan dan tantangan, namun berupaya untuk menerima dan beradaptasi akan kenyataan.

2. Mengembangkan dan mempertahankan sikap positif
Orang sukses mencari hal yang baik dalam diri orang lain dan dari dunia ini. Mereka melihat kehidupan sebagai rangkaian kesempatan dan kemungkinan untuk berkembang.

3. Membina hubungan baik dengan orang lain
Mereka peka terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain. Penuh tenggang rasa dan hormat kepada orang lain.

4. Memiliki tujuan hidup yang terarah
Orang sukses menetapkan sasarannya kemudian mengatur langkah untuk mencapainya. Dalam proses mencapai tujuan itu, mereka menerima dan menikmati setiap tantangan.

5. Berkeinginan kuat untuk belajar
Ia mau belajar tentang kehidupan, dunia, dan diri mereka sendiri. Belajar adalah kegembiraan, bukan beban. Bagi mereka belajar adalah cara untuk mengembangkan dan menyempurnakan diri.

6. Tidak hanya berpikir, namun juga bertindak
Orang sukses adalah pekerja keras. Mereka tidak ingin menyia-nyiakan waktu. Sehingga mereka tidak terjebak pada rutinitas yang membosankan ataupun terlalu sibuk mencari pengalaman baru.

7. Memiliki standar tinggi dalam berperilaku
Mereka memegang prinsip yang baik dalam karakternya. Misalnya kejujuran, kebajikan, kerendahan hati, dan kemurahan hati. Dan mereka melakukannya secara konsisten.

8. Memahami perbedaan antara bertahan hidup dan hidup itu sendiri
Mereka selalu berupaya untuk menghasilkan yang terbaik dalam hidup dengan memberikan yang terbaik pula dalam kehidupan mereka. Artinya mereka menuai apa yang ditanamnya.

Sudahkah kita bersikap demikian?