Alasan Sederhana Kenapa Hukum Islam Melarang Laki Laki Memakai Emas
Cari Berita

Advertisement

Alasan Sederhana Kenapa Hukum Islam Melarang Laki Laki Memakai Emas

9/19/17



Berhias diri sebenarnya adalah suatu yang dibutuhkan oleh perempuan, maka mereka di antaranya dibolehkan memakai sutra. Di antaranya pula, mereka dibolehkan memakai perhiasan emas. Namun hal ini berbeda dengan pria.

Terutama yang tersebar saat ini di tengah masyarakat adalah para pria mulai berhias diri dengan emas. Di antaranya dengan cincin emas dan perak. Bagaimana hukum kedua cincin ini?

Dalam sebuah riwayat dinyatakan :

عَنْ أَبِي مُوسَى أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أُحِلَّ الذَّهَبُ وَالْحَرِيرُ لِإِنَاثِ أُمَّتِي وَحُرِّمَ عَلَى ذُكُورِهَا

“Dari Abu Musa, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda ; ‘Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari ummatku, namun diharamkan bagi para lelaki’.”

(HR. An-Nasai : 5148, Ahmad : 4/392, Imam Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Sebagian kita bertanya, apa sebab emas dilarang bagi lelaki ?

Kurang pantas rasanya kita mempertanyakan syariat Allah ta’ala, namun agar keimanan kita semakin kokoh kita simak bersama penuturan Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyyah berikut ini :

حُرم -الذهب- لما يُورثه بملامسته للبدن من الأنوثة والتخنث، وضد الشهامة والرجولة .

“Emas dilarang (bagi lelaki) karena pemakaian emas itu menyebabkan munculnya karakter kewanita-wanitaan dan kebancian bagi badan si pemakai, dan menghilangkan karakter kewibawaan serta kejantanan.”

(Zadul Ma’ad : 4/73).

Demikianlah Islam datang membawa rahmat, dan aturan indah bagi manusia dan jin. Semua sesuai porsi dan ukurannya