Apa Yang Harus Dilakukan Saat Sudah Telanjur Makan Makanan Haram?
Cari Berita

Advertisement

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Sudah Telanjur Makan Makanan Haram?

9/15/17


Tahu nggak, kalau makan makanan haram bisa berpengaruh pada kehidupan seorang muslim. Nggak cuma hidupnya di dunia, bahkan juga di akhirat. Maka, sebagai seorang muslim kita harus hati-hati saat mengonsumsi makanan.

Meskipun kita hidup di negara yang mayoritas muslim, nggak jarang kita tetap aja nemuin makanan yang mengandung bahan haram ada di sekitar kita. Misalnya cake yang mengandung rum atau nasi goreng yang menggunakan angciu. Kalau sudah telanjur makan makanan haram tersebut, apa yang harus kita lakukan?

Seperti yang dikutip dari annida-online, ketika kita makan sesuatu lalu kita curiga bahwa yang kita makan mengandung bahan yang haram, sebaiknya kita segera menghentikan diri untuk memakan makanan tersebut. Seperti sabda Nabi SAW melalu Hasan bin Ali, "Tinggalkan yang meragukanmu untuk menuju apa yang tidak meragukan." (HR. Tirmidzi dan An Nasa'i).

Nah, kalau yang kita makan itu ternyata mengandung bahan yang haram, tetapi kita baru mengetahui setelah kita selesai memakannya, maka itu tidak termasuk perbuatan dosa, selama kita nggak ada niat untuk memakan sesuatu yang haram.

Kalau kita sudah tahu makanan yang dimakan itu haram, tetapi tetap lanjut memakannya itu sih namanya nekat melanggar aturan Allah SWT.

Padahal tahu sendiri makanan haram yang masuk ke dalam tubuh kita akan mempengaruhi terkabul atau tidaknya do'a dan amal sholeh yang kita lakukan.

So, ketika memang kita nggak sengaja memakan makanan yang haram, kita perlu lebih berhati-hati ketika mencari tempat makan dan aware dengan kehalalan bahan-bahan yang terkandung dalam makanan yang kita makan, Sob.

Allahu a'lam.