Inilah 4 Hak yang Harus Dipenuhi Pada Setiap Jenazah Muslim
Cari Berita

Advertisement

Inilah 4 Hak yang Harus Dipenuhi Pada Setiap Jenazah Muslim

9/28/17


Seseorang yang telah meninggal maka ditinggalah seluruh hak dan kewajibannya di dunia.

Namun jika seorang muslim yang meninggal dengan keadaan baik yang didunia penuh dengan ibadah dan memperbanyak amal soleh maka hak dari muslim lainnya ia dapatkan karena amal jariyahnya.

Selain hak amal jariyah hak lain dari seseorang yang meninggal atas orang-orang muslim yang masih hidup disekitarnya harus dipenuhi, jika di tinggalkan maka berdosalah sekelompok masyarakat yang melalaikan haknya.

Namun jika salah seorang muslim lainnya menggugurkan haknya maka sekelompok muslim yang lainnya tidak berdosa.

Maka dari itu mengurus jenazah seorang muslim hukumnya adalah fardhu kifayah, atau yang berarti wajib bagi umat muslim yang masih hidup, namun apabila telah ada sebagian atau seorang muslim saja yang telah melaksanakannya maka muslim yang lain yang tidak melaksanakannya pun tidak akan berdosa.

Dari itu semua, maka ada beberapa hak atas jenazah seorang muslim yang wajib dipenuhi hak haknya oleh para umat muslim yang masih hidup. Hak hak tersebut adalah, dimandikan, dikafani, disholatkan, dan dikubur.

1.Dimandikan

Seorang muslim yang telah meninggal dunia memang wajib untuk dimandikan. Ada tata cara tersendiri untuk memandikan seorang jenazah, seperti tata cara menyiram dan sebagianya. Begitu pun dengan orang orang yang memandikannya, seorang jenazah laki laki harus dimandikan oleh laki laki pula, begitu pun dengan jenazah seorang wanita yang juga harus dimandikan oleh para wanita, kecuali anggota keluarga (orang orang yang mahram dengan sang jenazah). Jenazah harus dimandikan hingga bersih dan diberikan wewangian.

2.Dikafanai

Jenazah seorang muslim wajib dikafani dengan menggunakan kain kafan, yaitu kain yang berwarna putih bersih. Untuk mengkafani jenazah pun tidak dapat sembarangan, sebab antara jenazah laki laki dan wanita mempunyai perbedaan jumlah lembar kain yang harus digunakan.

3.Disholatkan

Jenazah seorang muslim wajib disholatkan jika semasa hidupnya sang jenazah tersebut selalu mengerjakan sholat dengan rajin. Namun, jika sang jenazah semasa hidupnya tidak pernah mengerjakan sholat, maka ia juga tidak berhak untuk disholatkan. Dalam sholat jenazah terdapat beberapa ketentuan tersendiri, seperti hanya dilakukan dengan berdiri dan hanya menggunakan gerakan takbir tanpa melakukan gerakan sholat yang lain seperti ruku, i’tidal, dan sujud. Sholat jenazah pun memiliki bacaan yang berbeda dengan sholat wajib.

4.Dikubur

Setelah jenazah mendapatkan ketiga haknya di atas, maka jenazah wajib segera dikuburkan. Untuk menguburkan jenazah maka jenazah majib dibaringkan dengan kepala di bagian utara dengan posisi wajah miring menghadap ke arah kiblat.

Demikianlah beberapa hak yang harus dipenuhi dari setiap muslim yang meninggal dunia.