Begini Tandanya Bahwa Rezeki yang Kita Dapatkan Berkah

Advertisement

Advertisement 970x90px

Begini Tandanya Bahwa Rezeki yang Kita Dapatkan Berkah

Cang Karna
10/2/17



Ketika kita sulit membedakan mana rezeki yang membawa keberkahan dan mana yang tidak, dan malah rezeki tersebut membawa kesengsaraan disitulah seharusnya kita bangkit untuk memperbaiki apakah yang selama ini kita lakukan benar atau tidak.

Bahkan ada yang berani mencampuradukkan penghasilan halal dan haram karena tidak memahami konsep keberkahan rezeki. Sebenarnya bagaimana tanda-tanda rezeki yang berkah? Berikut ini beberapa di antaranya:

Jiwa Terasa Tenang, dan Hati Mampu Mendekat Pada Allah




Rezeki yang berkah akan membawa ketenangan dalam jiwa, sedangkan rezeki yang tidak berkah akan menghadirkan was-was. Pernahkah Sahabat Dakwah menerima uang dalam jumlah besar namun merasa was-was karena sumbernya tidak jelas?

“Tidak sama yang buruk (rezeki yang haram) dengan yang baik (rezeki yang halal) meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu, maka bertakwalah kepada Allah hai orang-orang yang berakal agar kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Al Maidah: 100).

Rezeki Bisa Bermanfaat Untuk Banyak Orang




Meski sedikit, rezeki yang berkah biasanya dapat memberi manfaat untuk banyak orang.

Mudah Memberi Sedekah dan Menunaikan Zakat




Muda dalam mengeluarkan zakat, serta merasa senang memberi sedekah baik untuk keluarga, kerabat yang memerlukan, ataupun fakir miskin, juga merupakan salah satu ciri keberkahan rezeki.

Tentu saja segala sesuatu tergantung niatnya. Jika hanya diniatkan untuk pencitraan, atau untuk menutupi rasa bersalah telah menerima harta haram, maka sama saja dengan membohongi diri sendiri.

Keluarga Harmonis dan Dikaruniai Anak yang Shaleh/shalehah




Pertanda yang lebih jelas adalah mendapatkan rumah tangga yang harmonis, serta karunia anak shaleh/shalehah dari Allah. Anak-anak yang taat pada Allah, menyejukkan pandangan mata dan hati orangtua, serta memberi ketenangan.

Senantiasa Merasa Cukup dan Syukur




“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah.”

Orang yang rezekinya berkah akan merasa bersyukur dan selalu cukup. Sedangkan orang yang rezekinya tidak berkah akan selalu merasa haus, kurang, karena sifat tamak yang dimiliki.

Berapa Milyar pun dalam tabungannya, tidak berhasil memuaskan hatinya. Inilah adzab yang sebenarnya. Semoga kita senantiasa dijaga Allah dari rezeki haram, dan selalu dikaruniai rezeki halal dan barokah.