Merasa Hidup Selalu Ditimpa Dengan Hal-Hal Buruk, Ubahlah Takdirmu Dengan 3 Amalan ini
Cari Berita

Advertisement

Merasa Hidup Selalu Ditimpa Dengan Hal-Hal Buruk, Ubahlah Takdirmu Dengan 3 Amalan ini

2/16/18

Percaya adanya takdir adalah salah satu rukun iman dalam Islam. Takdir adalah ketentuan Allah SWT berdasarkan pertimbangan terbaik dari Allah SWT dan hal terbaik bagi hamba-Nya. Banyak orang percaya bahwa takdir tak dapat diubah. Apa yang sudah menjadi ketentuan Allah tidak bisa diubah sama sekali

Anggapan ini tidak selalu benar. Karena ada takdir yang bisa berubah ketika Allah berkehendak. Allah Maha Pengasih dan Penyayang. Dia juga Maha Kuasa atas segala sesuatu. Rasulullah saw. bahkan mengajarkan sejumlah amalan untuk mengubah takdir.

Berikut ini adalah tiga amal perbuatan yang bisa mengubah takdir buruk menjadi takdir baik, mengubah nasib buruk yang semula ditetapkan Allah menjadi nasib baik

1. Amal Kebaikan




Rasulullah Saw menegaskan, amal kebaikan bisa mengubah hal buruk menjadi hal baik yang akan menimpa kita. Bahkan, usia bisa bertambah dengan amal kebaikan.

Rasulullah saw. bersabda, "Beramallah kamu sekalian, karena beramal akan mengubah sesuatu yang buruk yang telah ditentukan-Nya padamu." (HR. Bukhari dan Muslim) “Tiada yang dapat menambah umur seseorang, selain amal kebaikan.” (HR. Ahmad dan Thabrani)

2. Sedekah




Sangat banyak hadits atau keterangan tentang manfaat, hikmah, atau keutamaan sedekah. Selain manambah harta dan membuat harta jadi berkah, sedekah pun bisa mengubah takdir atau nasib.

Rasulullah saw. bersabda, "Sesungguhnya sedekah itu dapat memadamkan kemarahan Allah dan menolak ketentuan yang buruk.” (HR. Tirmidzi). “Segeralah bersedekah, karena bala tidak pernah mendahului sedekah.” (HR. Thabrani) “Sesungguhnya sedekah dan silaturahim itu dapat menambah umur dan menolak ketentuan buruk yang tidak disukai dan ingin dijauhi.” (HR. Abu Ya’la)

3. Doa




Doa adalah senjata kaum mukmin, doa harus mengiringi atau diiringi usaha dan tawakal. Kekuatan doa sangat besar karena ia adalah permohonan kepada Yang Maha Besar, yakni Allah SWT.

Rasulullah saw. bersabda, “Tiada yang bisa menolak takdir Allah, kecuali doa.” (HR. Tirmidzi, Hakim, Ahmad, dan Ibnu Majah). Demikian adalah tiga perkara yang dapat mengubah takdir buruk menjadi takdir baik. Nasib buruk menjadi nasib baik. Semoga kita dapat beramal saleh.