Ini Perbedaan dan Persamaan Sujud Syukur dengan Sujud Tilawah yang Perlu Diketahui

Advertisement

Advertisement 970x90px

Ini Perbedaan dan Persamaan Sujud Syukur dengan Sujud Tilawah yang Perlu Diketahui

4/19/18


Syukur secara bahasa artinya adalah terimakasih, dan menurut istilah sujud syukur adalah sujud yang dilakukan sebagai tanda terima kasih seorang hamba kepada Sang Pencipta, yaitu Allah Swt. Oleh  karena itu, sujud syukur merupakan  ungkapan rasa  terima kasih  kepada Allah Swt.

atas segala nikmat dan karunia yang diberikan kepada kita. Mensyukuri nikmat yang Allah Swt berikan dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satu caranya, yaitu sujud syukur. Dengan demikian, sujud  syukur  merupakan perwujudan  dari ungkapan rasa terima kasih seorang hamba kepada Tuhannya  dalam rangka mencapai  rida-Nya.

Menurut bahasa tilawah berarti bacaan. Sedangkan menurut istilah sujud tilawah ialah sujud yang dikerjakan pada saat membaca atau mendengar ayat-ayat "sajdah" dalam AI-Qur'an.

Sujud  tilawah  dilakukan untuk menyatakan keagungan Allah Swt. dan sekaligus pengakuan bahwa diri  kita  ini sangat kecil dan lemah di hadapan Allah Swt, karena Allah Swt adalah Sang Pencipta alam semesta dan pemberi semua anugerah yang kita miliki.

Persamaan Sujud Syukur dengan Sujud Tilawah Adapun persamaan sujud syukur dan sujud tilawah adalah: 


a. Baik sujud tilawah maupun sujud syukur hanya dilakukan sekali sujud saja. 

b. Sujud tilawah dan sujud syukur boleh dilakukan pada waktu-waktu dilarang shalat. 

c. Hukum sujud tilawah dan sujud syukur adalah sunnah. 

d. Pada sujud tilawah dan sujud syukur tidak disyaratkan berwudhu terlebih dahulu, selama badan, tempat dan pakaian bersih. 

Perbedaan Sujud Syukur dengan Sujud Tilawah Adapun perbedaan sujud syukur dengan sujud tilawah adalah sebagai berikut: 


a. Sujud tilawah dapat dikerjakan di saat shalat maupun di luar shalat, sedangkan sujud syukur hanya boleh dikerjakan di luar shalat dan tidak boleh melakukan sujud syukur di saat shalat. 

b. Sujud tilawah dikerjakan karena mendengar atau membaea ayat-ayat sajadah, sedangkan sujud syukur dikerjakan karena mendapat nikmat dari Allah Swt. atau karena terhindar dari bahaya yang mengancam dirinya.