Muslimah, ini Beberapa Sifat yang Dianggap Menyebalkan Bagi Laki-Laki dan Perlu Kamu Tinggalkan
Cari Berita

Advertisement

Muslimah, ini Beberapa Sifat yang Dianggap Menyebalkan Bagi Laki-Laki dan Perlu Kamu Tinggalkan

4/27/18


Sebagian wanita biasanya memiliki beberapa sifat atau karakter yang tidak menyenangkan bagi orang lain, terutama bagi laki laki.

Nah, berikut ini rangkumkan dari  beberapa sifat seorang yang perlu dihindari karena tidak sesuai dengan akhlak Islami dan juga dapat membuat kita dibenci oleh lingkungan sekitar:

1. Membesar-besarkan masalah


Cuma melihat kecoa satu ekor melintas di lantai rumah tetangga, langsung deh bikin pengumuman se-RT, “Tetangga sebelah rumah saya tuh super jorok, nggak pernah bersihin lantai, males beres-beres rumah, kecoa banyak banget bersileweran di rumahnya. Iih!”

Membesar-besarkan masalah bukanlah hal yang menyenangkan untuk didengar. Apalagi jika orang lain tahu sebenarnya masalahnya tidak sebesar yang kita bicarakan.

Mendengar pujian yang melebihi kenyataan saja sudah tidak menyenangkan, apalagi mendengar makian yang jauh melampaui kenyataan.

Ada baiknya berpikir ratusan kali jika ingin membicarakan sesuatu. Jangan sampai lebay dan mengabarkan hal yang tidak sesuai dengan kebenarannya.

2. Mengadu domba




Bermuka dua dan mengadu domba adalah sifat buruk wanita yang harus dijauhi. Naudzubillahi min dzalik.

Sifat yang satu ini bisa memecah belah persaudaraan, persahabatan, pertemanan, bahkan terkadang korban tidak menyadari bahwa mereka adalah korban adu domba.

Anehnya, pelaku juga terkadang tidak menyadari bahwa mereka sedang mengadu domba.

Pada si A, pelaku adu domba berkata, “Hey A, kamu ya yang buang sampah sembarangan di atas meja saya kemarin? Kata si B dia memperkirakan kamu pelakunya!”

Kemudian pada si B, pelaku mengatakan, “Hey B, si A bilang bukan dia yang buang sampah di atas meja saya, kata A jangan-jangan kamu yang buang tapi menuduh dia!”

Akhirnya, si A dan si B pun bertengkar mendengar aduan dari pelaku adu domba tersebut.

Sebaiknya, tutupilah aib saudara kita, jangan justru mengumbarnya dan membuat ia dibenci oleh saudara yang lain. Tanpa disadari, kita telah membuat mereka saling benci.


3. Gengsi tinggi



Wanita selalu tidak mau kalah pamor, selalu ingin dilihat lebih tinggi dari yang lain, inilah sifat buruk yang harus dibuang dan dienyahkan.


Kalau ada yang punya tas lebih keren, rasanya nggak terima. Ada yang lebih populer di kantor, rasanya sebal. Ada tetangga yang baru bangun tingkat di rumahnya, rasanya nggak mau kalah.

Gengsi tinggi, biar tekor asal kesohor, sungguh sifat buruk wanita yang membahayakan. Tidak heran, banyak wanita yang berlomba mengoleksi tas branded dengan harga puluhan juta untuk memenuhi gengsinya agar dipandang hormat oleh sekitarnya.

Kita perlu menyadari, bahwa gengsi yang seharusnya kita tinggikan adalah pamor akhlak kita di hadapan Allah. Apakah di hadapan Allah kita adalah something atau nothing? Tak peduli dengan pandangan manusia yang bisa saja salah.

4. Mengeluh



Sifat wanita yang juga tak kalah populer adalah senang mengeluh dan seolah berlomba menjadi yang bernasib paling malang.

“Suami saya nggak menafkahi, mertua menindas saya…”

“Wah kamu masih lumayan, tidak sampai dipukuli, kalau saya hampir tiap hari kena pukul, pokoknya tidak akan ada wanita lain yang sanggup menjalani kehidupan saya!”

Ketahuilah bahwa semua orang memiliki ujian masing-masing, tapi juga Allah titipkan kebahagiaan dan rezekinya sendiri-sendiri. Maka, kita tidak pantas mengeluh terus-terusan apalagi sampai membanding-bandingkan nasib kita dengan orang lain.

5. Kepo, Mau tahu urusan orang lain



Sifat buruk wanita lainnya adalah kepo atau mau tahu urusan orang lain, meskipun urusan tersebut adalah rahasia, biasanya wanita suka mengorek-ngorek rahasia tetangga, rahasia teman, rahasia siapa pun yang dia minati, layaknya jurnalis.

Kita perlu menjauhi sifat kepo ini karena bisa membuat orang lain terganggu dan merasa privasinya diusik.

6. Mengomentari apa pun



Wanita juga paling suka mengomentari apa saja yang ia dengar. Sehingga terdengar sangat berisik seperti komentator pertandingan sepak bola yang tidak diminta.

Kita perlu sekali menahan diri untuk tidak selalu mengomentari apapun yang orang lain katakan. Bisa jadi orang lain tersinggung dengan komentar yang kita utarakan walaupun itu hanya bercanda atau iseng saja.

Semoga kita bisa menjauhi beberapa sifat menyebalkan di atas dan menjadi muslimah dengan akhlak islami.