8 Macam Rezeki Menurut Agama Islam
Cari Berita

Advertisement

8 Macam Rezeki Menurut Agama Islam

7/20/18
Image result for 8 macam rezeki menurut al quran

Rezeki, jodoh, maut semua sudah di atur oleh Allah. Kita sebagai makhluk Nya tinggal menerima, menjaga dan merawatnya. Setiap makhluk di dunia telah mempunyai kadar rezekinya masing-masing. Apalagi manusia, tentulah rezeki tersebut telah Allah jamin keberadaannya.

Sebenarnya Allah SWT sudah memberikan bocoran cara mendapatkan rezeki yanng berlimpah dan menjemputnya untuk kita. Cara mendapatkan rezeki tersebut sudah dijelaskan di dalam Al Quran dalam beberapa ayat yang tersebar di beberapa surat di dalamnya. Untuk itu, Allah SWT menyuruh kita untuk selalu membaca dan mempelajari Al Quran agar hidup kita bisa terjamin kesejahteraannya, karena disanalah sumber ilmu kehidupan kita. Berikut beberapa macam rezeki menurut islam :

1. Rezeki yang Telah Dijamin
Image result for rezeki allah
Sumber gambar AmicaleTravel -Wisata Halal
Allah Swt. berfirman, “Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin oleh Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab nyata (Lauh Mahfuz)” (QS Hud : 6)

2. Rezeki Karena Usaha
Image result for rezeki
Sumber gambar Tribunnews.com
Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya” (Q.S. An Najm (53) ayat 39)

Rezeki memanglah sudah diatur oleh Allah dan dijamin keberadaannya. Namun bukan berarti manusia hanya berdiam diri menunggu rezeki datang dengan sendirinya. Rezeki tersebut salah satunya akan didapatkan dengan cara usaha yang giat.

3. Rezeki Karena Bersyukur
Image result for rezeki
Sumber gambar Kapsul Bioenergi
Ingatlah bahwa Allah sangat menyukai hambanya yang senantiasa bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang telah dianugrahkan kepadanya. Pada titik itulah hendaknya manusia bersyukur, dengan begitu Allah akan lebih menambah kadar rezeki yang telah diberikan.

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu” (Q.S. Ibrahim : 7)

4. Rezeki Tak Terduga
Related image
Sumber gambar artimimpi.web.id
Allah Swt. berfirman, “Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesunguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (QS At Thalaq :3)

5. Rezeki Karena Istighfar
Image result for rezeki
Sumber gambar islamidia.com
Dengan memohon ampun dan istighfar, tentulah Allah akan membuka pintu rezeki yang telah tertutup sebelumnya.

“Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta” (QS. Nuh: 10-11)

6. Rezeki Karena Menikah

Allah Swt. berfirman, “Dan nikahilah orang-orang yang masih membujang diantara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui).” (QS An Nur : 32)


7. Rezeki Karena Anak
Seperti yang dikutip dari situs islmidia.com bahwa banyak anak maka akan banyak rezeki. Dan Islam menjawabnya, bahwa saat seorang bayi terlahir ke dunia, maka saat itu juga ia membawa rezeki yang telah digariskan dipundaknya.

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu.” (QS. al-Isra: 31)

8. Rezeki Karena Sedekah
Related image
Sumber gambar surabaya.tribunnews.com
Allah Swt. berfirman, “Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.” (QS Al Baqarah : 245)

Itulah macam-macam rezeki yang ada dalam Al Qur'an. Sebagai manusia kita harus berusaha dan berikhtiar agar mendapat rezeki yag sudah di gariskan oleh Allah SWT.