Berhijrahlah Untuk Menjadi Lebih Baik, Inilah 7 Tips Yang Cocok Buat Kamu Coba
Cari Berita

Advertisement

Berhijrahlah Untuk Menjadi Lebih Baik, Inilah 7 Tips Yang Cocok Buat Kamu Coba

7/11/18

Image result for meme tentang hijrah islami


Hijrah berasal dari Bahasa Arab, yang berarti meninggalkan, menjauhkan dari dan berpindah tempat. Dalam konteks sejarah hijrah, hijrah adalah kegiatan perpindahan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW bersama para sahabat beliau dari Makkah ke Madinah, dengan tujuan mempertahankan dan menegakkan risalah Allah SWT, berupa akidah dan syari’at Islam.

Sebagai umat muslim kita diwajibkan untuk berhijrah apabila merasa diri dan keluarganya terancam dalam mempertahankan aqidah dan syari'ah islam.

Perintah untuk berhijrah terdapat dalam beberapa ayat Al-Qur'an, salah satunya adalah dalam surat Al-Baqarah ayat 218 yang artinya : “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berhijrah di jalan Allah, mereka itu mengharpakan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Pada ayat tersebut dijelaskan bahwa orang-orang beriman yang berhijrah dan berjihad dengan motivasi karena Allah dan tujuan untuk mendapatkan rahmat dan keridhaan Allah, mereka itu adalah mukmin sejati yang akan memperoleh pengampunan Allah, memperoleh keberkahan rizki (nikmat) yang mulia, dan kemenangan di sisi Allah.

Related image


Menurut situs dakta.com hijrah sebagai salah satu prinsip hidup, harus senantiasa kita maknai dengan benar. Seseorang dikatakan berhijrah jika telah memenuhi 2 syarat yaitu ada sesuatu yang ditinggalkan dan ada sesuatu yang dituju (tujuan). Meninggalkan segala hal yang buruk menuju keadaan yang lebih baik, positif dan kondisi kondusif untuk menegakkan agama Islam.

Berikut tips berhijrah untuk menjadi lebih baik yaitu :

1. Niat ikhlas untuk berubah
Tanpa niat suatu usaha apapun tidak akan berhasil. Maka teguhkanlah dalam hati niat untuk berubah menjadi lebih baik lagi.

2. Selalu merasa diawasi oleh Allah SWT dan Malaikat
Dengan menyadari bahwa kita selalu diawasi oleh Allah dan Malaikat, maka inshaallah kita akan lebih berhati-hati dalam bertindak.

3. Perbanyak dan menyempurnakan ibadah
Memperbanyak sekaligus menyempurnakan ibadah adalah salah satu usaha untuk mendekatkan diri kepada Allah dan menjauhkan diri dari hasutan setan serta hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT.

4. Selalu berdoa untuk memohon bimbingan dan perlindungan-Nya
Selalu memaksimalkan doa untuk selalu memohon bimbingan dan perlindugan-Nya.

5. Takut akan adzab Allah SWT
Jadikanlah rasa takut sebagai pagar bagi kita untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT.

6. Perbanyak dzikir dan Sholawat
Setiap waktu luang gunakan sebaik mungkin untuk berdzikir dan shalawat, bahkan ketika sibuk pun bukan tidak mungkin untuk kita melakukan hal tersebut.

7. Sabar
Tanpa sabar kita mudah berputus asa untuk melanjutkan perjuangan yang banyak rintangannya. Apalagi dengan bantuan bisikan setan, kita mudah sekali terpedaya dan akhirnya sia-sialah usaha kita. Maka dari itu kita harus senantiasa bersabar untuk mencapai hasil yang sempurna.

Untuk meraih kemenangan di akhirat nanti dan bertemu dengan Allah SWT tidak ada salahnya dimulai dari sekarang untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi di mata Allah SWT.

Seperti yang ditulis oleh sebuah situs yang bernama lifeislamically.blogspot.com tidak ada ruginya kita berusaha untuk memperbaiki diri, bahkan jika kita lihat orang tua kita yang sudah renta, mereka rela mati-matian untuk beribadah terkadang terlihat penyesalan mereka meratapi masalalunya yang mungkin hanya digunakan untuk kesenangan duniawi saja.

Maka dari itu mulailah untuk memperbaiki diri mulai dari sekarang agar tidak menyesal dikemudian hari. Akan mendapat banyak hadiah yang sudah dipersiapkan oleh Allah jika kita mau berhijrah.