Hari Jumat Waktunya Membaca Surat Al Kahfi, Inilah Keutamaan-Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi
Cari Berita

Advertisement

Hari Jumat Waktunya Membaca Surat Al Kahfi, Inilah Keutamaan-Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi

7/13/18
Image result for keutamaan surat al kahfi di hari jumat


"Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat" (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249).

Hari Jumat adalah hari yang mulia. Allah mentakdirkan beberapa kejadian besar pada hari tersebut. Ada juga beberapa amal ibadah yang dikhususkan pada malam dan siang harinya khususnya pelaksanaan shalat jumat.

Surat Al Kahfi merupakan salah satu surat yang ada dalam Al-Qur'an dalam juz 15 dan di awal juz 16. Surat Al Kahfi adalah salah satu surat dalam Al-Qur'an yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan jika umat Islam mau mengamalkan maupun membacanya bahkan jika mau menghafalkannya. 

Membaca surat Al Kahfi merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari jumat. Namun sebenarnya tidak hanya baik dibaca hari jumat saja tapi selain hari tersebut juga bisa. Karena hari jumat adalah hari yang baik, maka memang dianjurkan untuk membaca surat Al Kahfi saat terbenamnya matahari di hari kamis hingga terbenamnya matahari di hari jumat.

Apa saja keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat? Berikut adalah beberapa keutamaan surat Al Kahfi:

1. Mendapat ampunan dari Allah SWT
Image result for dijauhkan dari dajjal

Dalam sebuah hadist bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwa: "Siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat maka akan memancarkan cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat dan diampuni dosanya diantara dua Jumat".
Dari hadist tersebut sudah jelas bahwa Allah akan mmengampuni dosa kita jika kita mau membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat. Seperti yang dikutip dari situs dalamislam.com sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang mau bertobat dan salah satunya adlah dengan membaca surat Al Kahfi.

2. Dijauhkan dari fitnah Dajjal
Image result for dijauhkan dari dajjal

Keutamaan lain dari surat Al Kahfi yaitu untuk menangkal fitnah Dajjal, yaitu dengan membaca dan menghafal beberapa ayat dari surat Al Kahfi. Rasulullah SAW bersabda "Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat Al Kahfi" (HR Imam Muslim dari Hadist al-Nawas bin Sam'an).

3. Disinari cahaya kebaikan
Image result for keutamaan surat al kahfi di hari jumat


Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Saeed al-Khurdi mengatakan bahwa "Siapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, akan memiliki cahaya yang akan membentang antara dia dan Ka'bah". 

Hadist tersebut menunjukkan keutamaan surat Al Kahfi yang rutin dibaca pada Jumat malam. Surat ini dapat menerangi bagi para pembacanya dan bentangan cahayanya mencakup area antara Ka'bah dan pembaca.

Penutup

Dari beberapa keutamaan-keutamaan diatas sudah sangat jela bahwa surat Al Kahfi yang dibaca di hari Jumat akan mendatangkan kebaikan. Jika sorang muslim mau membaca apalagi menghafalkannya maka akan mendapat banyak manfaat. Semoga kita sebagai umat Islam bisa mengamalkan dan menjalankan amalan tersebut dan menambah bekal untuk dibawa ke akhirat kelak.