Hati-Hati Jangan Tidur Di Pagi Hari, Inilah Bahayanya Menurut Agama Islam

Advertisement

Advertisement 970x90px

Hati-Hati Jangan Tidur Di Pagi Hari, Inilah Bahayanya Menurut Agama Islam

Nikmatul Khicmiyah
7/25/18

Image result for bahaya tidur pagi menurut islam


Pagi adalah waktu yang penuh dengan keberkahan. Di waktu ini kita diperintahkan untuk memanfaatkannya dengan baik. Namun kebanyakan diantara kita sering melalaikannya. Kebanyakan digunakan untuk tidur dan bermalas-malasan.

Seperti yang dikut dari bersamadakwah.net tidur pagi setelah shalat Subuh memang mengasyikkan, tetapi kebiasaan itu ternyata berbahaya. Banyak alasan mengapa seseorang sering tidur di pagi hari, salah satunya yang paling umum yaitu karena begadang. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa godaan untuk melanjutkan tidur dipagi hari memang sangat berat, apalagi bagi mereka yang baru saja begadang semalaman suntuk maka tidur dipagi hari adalah suatu keharusan bagi mereka.

Maka dari itu hindarilah begadang dimalam hari, karena hal ini bisa membuat anda merasa mengantuk dipagi hari. Tidur dipagi hari sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita dan bisa menyebabkan tubuh rentan terkena berbagai macam penyakit.

Berikut dibawah ini ada beberapa bahaya tidur dipagi hari menurut agama Islam:

1. Menghalangi Rezeki
Image result for bahaya tidur pagi menurut islam

Tidak hanya buruk bagi kesehatan saja, tidur pagi ternyata juga sangat dilarang agama Islam dan sangat tidak sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Tidur pagi juga akan menghambar datangnya rezeki. Ibnul Qayyim berkata, “Empat hal yang menghambat datangnya rizki adalah [1] tidur di waktu pagi, [2] sedikit sholat, [3] malas-malasan dan [4] berkhianat.” (Zaadul Ma’ad, 4/378)


2. Melewatkan Waktu Berkah

Image result for bahaya tidur pagi menurut islam

Banyak keberkahan yang terdapat di waktu pagi sehingga apabila anda melewatkan pagi hari dengan tidur maka sudah pasti anda akan kehilangan keberkahan di waktu pagi. Ketika bangun dipagi hari hendaklah berdoa agar mendapat keberkahan. Keberkahan ini maksudnya bertambahnya kebaikan.

3. Mudah Sakit 
Image result for bahaya tidur pagi menurut islam
Sumber gambar www.firasatmimpi.com
Sebelum para peneliti modern mengatakan bahwa tidur dipagi hari tidak baik bagi kesehatan, agama Islam sudah menyampaikan hal ini terlebih dahulu. Tidur dipagi hari kan membuat anda menjadi mudah terkena berbagai macam penyakit dan membuat tubuh menjadi lemah, lemas dan lesu.

4. Bertentangan dengan sunnah Rasul
Image result for bahaya tidur pagi menurut islam

Kebiasaan yang diajarkan Rasulullah SAW adalah bangun pagi dan langsung beraktifitas tanpa tidur lagi. Setelah Shubuh, Rasulullah biasa berdzikir hingga tiba waktu syuruq. Bagi umatnya, dianjurkan pula seperti itu, atau kalau ada keperluan mencari maisyah, waktu yang tersedia bisa dimanfaatkan untuk melakukan persiapan.


5. Malas, hilang semangat
Image result for bahaya tidur pagi menurut islam

Mengisi waktu pagi setelah Shubuh- dengan ibadah atau dzikir menjadikan waktu berikutnya lebih segar dan bersemangat. Baik secara medis ataupun secara ruhiyah. Sebaliknya, tidur pagi setelah Shubuh membuat seseorang tidak semangat di waktu berikutnya.

Lakukanlah ibadah (secara kontinu) di waktu pagi (HR. Al Bukhari)

Sebagian ulama menjelaskan bahwa ghadwah dalam hadits ini artinya adalah waktu antara Shubuh dan matahari terbit. Ulama sekaliber Ibnu Taimiyah menjelaskan bahwa ketika dirinya berdzikir setelah Shubuh, siangnya beliau semangat. Kekuatannya bertambah. Tetapi ketika tidak berdzikir di waktu pagi setelah Shubuh, siangnya seperti kehilangan semangat.