Hati-Hati Wahai Istri, 7 Sifatmu Ini Sangat Sibenci Oleh Suamimu
Cari Berita

Advertisement

Hati-Hati Wahai Istri, 7 Sifatmu Ini Sangat Sibenci Oleh Suamimu

7/11/18
Hati-Hati Wahai Istri, 7 Sifatmu Ini Sangat Sibenci Oleh Suamimu


Keluarga yang harmonis, tergantung dari kedua belah pihak pasangan suami istri yang membawa rumah tangganya kearah mana.

Hal yang membuat hubungan suami istri harmonis dan istimewa adalah masing-masing pihak mampu menahan diri dari emosi, pengertian, mengalah dan membuat suasana rumah tenang dan damai.

Agar istri tidak kehilangan rasa cinta dan rasa hormat suaminya, maka seorang istri harus mengetahui dan menjauhi sifat-sifat wanita yang dibenci suami.

Di antara sifat-sifat tersebut yang paling menonjol, sebagaimana ditulis Shabah Sa’id dalam bukunya Az-Zaujah Al-Mubdi’ah wa Asrar Al-Jamal, antara lain:

1. Istri Yang Sibuk Dengan Dirinya Sendiri

Istri yang seperti ini biasanya lebih mementingkan urusannya sendiri dan menjauhi segala urusan suami.

Pada dasarnya, istri seperti ini merasa nyaman setiap kali dia bisa menyendiri, serta bisa menjaga segala apa yang dia dengar, dia lihat, dan dia sentuh untuk diri sendiri. Bisa jadi hal ini disebabkan karena adanya penyakit psikis yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.

2. Istri Yang Suka Mendominasi

Istri seperti ini adalah istri yang mengabaikan keberadaan suaminya. Karena dalam urusan keluarga dia tidak pernah meminta saran ataupun melibatkan suami.

Dia selalu menjalankan segala urusan keluarga seorang diri tanpa memandang pendapat dari suami.

Di sini, seorang suami akan merasa bahwa jati dirinya telah hilang, sebab yang bisa dia lakukan untuk kebaikan rumah atau anak-anaknya hanya menyerah saja, atau mengabaikan keberadaan dirinya.

Pria semacam ini, jika tidak memisahkan dirinya dari istri seperti itu, bisa jadi dia akan berusaha mencari, atau mendapatkan apa yang dia inginkan selama ini dari wanita lain.

3. Istri Yang Gemar Berdusta

Salah satu hal yang mesti dimiliki dalam hubungan pernikahan adalah unsur kejujuran dalam segala hal. Ini mengingat, kejujuran merupakan salah satu pilar ketenteraman dan kebahagiaan.

Di luar sana terdapat banyak wanita yang gemar berdusta. Mereka menjadikan dusta sebagai hobi atau sebagai dalih karena takut sesuatu. Namun apa pun alasannya, dusta dan tipu daya adalah dua hal yang paling dibenci kaum pria.

Meskipun terkadang seorang pria menerima tindakan dusta dari istrinya karena satu atau lain hal, namun penerimaan seorang suami terhadap sifat buruk itu biasanya disertai dengan pandangan meremehkan.

4. Istri Yang Galak

Istri yang sangat mudah marah kepada suamiya atau bahkan menghukum suaminya, ketika suaminya melakukan hal tertentu.

Istri seperti ini terus-menerus meresahkan suaminya, sebab karakter permusuhannya tersebut. Selain itu, istri seperti ini akan terbiasa mengeluarkan kata-kata pedas, keras, dan kasar kepada tetangga, teman-teman, dan anggota keluarganya.

Istri yang kejam, tentunya menimbulkan banyak masalah bagi suaminya, bahkan bagi anak-anaknya pula. Sehingga tertanam dalam jiwa anak-anaknya sikap tidak senang dan akan menjauh dari ibunya.

5. Istri Yang Tidak Aktif / Pasif

Istri yang menyerahkan segala urusan keluarga kepada suaminya, sehingga suaminya menjalankan seluruh urusan keluarga dan rumah tangga.

Istri yang senantiasa menyerah dalam segala hal, seakan-akan dia menuntut suaminya agar lebih berkuasa dengan tanpa berusaha menunjukkan perannya atau keberadaannya sedikit pun terhadap suaminya, padalah dia adalah pasangan hidup bagi suaminya.

6. Istri Yang Keras Kepala

Istri yang tidak mau mendengarkan pendapat suami dan bersikeras mengikuti pendapatnya, sekalipun itu salah.

Misalnya, andai suaminya menginginkan satu jenis makanan, dia terus-menerus menyiapkan jenis makanan lainnya, sekalipun sebenarnya jenis makanan itu juga tidak disukainya. Wanita semacam ini adalah wanita yang paling dibenci kaum laki-lak.

Semoga para muslimah yang telah berkeluarga senantiasa istiqamah dalam membina hubungan yang sakinah mawaddah warahmah hingga akhirnya diberikan keberkahan anak-anak yang shalih shalihah.

7. Tidak Setia

Menjadi istri yang setia dan menjadi panutan keluarga adalah idaman suami. Namun jika ia tidak bisa menjaga diri dan berbuat tidak setia, maka suami akan benar-benar tidak menyukainya.

Wanita yang bisa menjaga diri dari perbuatan zina, akan mendapat reward Allah berupa surga! maka, jadilah istri setia yang mematuhi suami.