Inilah Salah Satu Amalan Yang Tidak Akan Putus Setelah Meninggal Dunia !
Cari Berita

Advertisement

Inilah Salah Satu Amalan Yang Tidak Akan Putus Setelah Meninggal Dunia !

7/19/18
Doa Untuk Kedua Orang Tua

Mendoakan orang tua adalah ciri sikap dan perilaku anak shaleh dan shalehah, Orang tua adalah mereka yang mengasuh kita dari buaian, kecil hingga dewasa, maka sudah sepantasnya kita sebagai anak untuk mendoakannya.

Siapapun kita, dan sebesar apapun kekayaan, setinggi apapun jabatan kita hal tersebut tidak akan mampu membalas kebaikan mereka. Mendoakan mereka adalah salah satu cara berbakti kepadanya dan hal ini sangat dicintai oleh Allah SWT.

Ada sebuah riwayat oleh Abu Daud dari Abu Usaid Malik, ia berkata, bahwasanya;

“Ketika kami sedang bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, tiba-tiba  seorang laki-laki dari bani Salamah datang kepada beliau. Seorang Laki-laki bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah masih ada cara untuk aku berbuat baik kepada kedua orang tuaku(bapak dan ibu) setelah mereka meninggal?" beliau menjawab: "Ya. Mendoakan dan memintakan ampunan untuk mereka, melaksanakan wasiatnya, menyambung jalinan silaturahim mereka dan memuliakan teman mereka."

Berikut adalah singkat bacaan doa untuk ibu dan ayah (kedua orang tua) lengkap :


َللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا
Artinya :
"Wahai Tuhanku, ampunilah saya dan kedua orang tua saya dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangi saya diwaktu kecil."

Seperti yang dilansir oleh cahaya-islamiku, agar doa yang kita panjatkan cepat dijabah oleh Allah SWT alangkah baiknya teman-teman juga perlu mengetahui adab berdoa dalam islam.

Itulah tadi bacaan doa untuk kedua orang tua, mudah-mudahan kita termasuk anak yang sholeh dan sholehah, dan tidak lupa untuk selalu mendoakannya. karena doa anak shaleh kepada orang tua adalah salah satu amalan yang tidak akan putus setelah meninggalkan dunia.

Bagi teman-teman sekalian yang belum hafal dan masih sulit untuk melafadzkan doa untuk kedua orang tua, silahkan baca berkali-kali, sehingga nanti dengan sendirinya nanti teman-teman akan hafal. karena ada sebuah pepatah yaitu "kita bisa karena terbiasa".