Janganlah Bersedih Allah Selalu Bersama Kita, Coba Tips Ini Untuk Mengobati Kesedihan Itu
Cari Berita

Advertisement

Janganlah Bersedih Allah Selalu Bersama Kita, Coba Tips Ini Untuk Mengobati Kesedihan Itu

7/19/18
Image result for cara mengobati hati yang terluka karena cinta menurut islam
Sumber gambar Merdeka.com

La Takhraf Wa La Tahzan, Innallaha Ma'ana. Jangan takut jangan bersedih, Allah selalu bersama dengan kita. Jadi yang sedang galau ataupun sedih dihapus dulu air matanya. Yang lagi patah hati karena putus cinta jangan terlalu sedih. Namanya juga hidup pasti ada saatnya bertemu dan ada saatnya berpisah.

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami sakit hati dalam hidupnya. Sebagaimana sifat sedi dan gembira rasa ini adalah suatu kewajaran dalam hidup manusia. Apalagi manusia adalah makhluk sosial, yang dalam setiap interaksinya tidak lepas dari kekhilafan.

Lalu bagaimanakah cara mengobati luka dari sakit hati itu yang di ajarkan oleh agama Islam?

1. Membaca Al Qur'an beserta maknanya


Image result for cara mengobati hati yang terluka karena cinta menurut islam
Sumber gambar Kajian Islam - AFAHRURROJInet
Ini terdapat dalam sebuah syair Jawa yang judulnya "Tombo Ati" yang artinya "obat hati" atau obat untuk mengobati sakit hati. Dalam syair pertama dikatakan bahwa kita harus membaca Al-Qur'an beserta maknanya.

Jika dikaji lebih dalam obat penyakit hati tersebut tidak hanya membaca Al-Qur'an, namun juga dengan maknanya.

2. Rajin mendirikan sholat


Image result for shalat
Sumber gambar An-Najah
Sholat juga merupakan obat sakit hati dalam islam. Mendirikan sholat di dalam Al-Qur'an disebutkan dapat menjauhkan kita dari perbuatan keji dan mungkar.

Berbicara mengenai mendirikan sholat, ternyata masih banyak di antara kita yang belum bisa melakukannya. Jika boleh jujur, ada banyak diantara kita yang masih sholat tanpa ilmu. Banyak diantara kita yang hanya sholat ikut-ikutan sehingga manfaat sholat hampir tidak kita dapatkan. Padahal, Rasulullah SAW telah bersabda, “Satu ahli ilmu lebih baik daripada 1000 ahli ibadah.” Sebuah hadist yang seharusnya membuat kita sadar bahwa kita harus berbuat apapun berdasarkan ilmu.

3.Berpuasa


Image result for puasa
Sumber gambar Radar Bolmong
Masih terinspirasi dari syair Tombo Ati, dalam Islam obat sakit hati selanjutnya adalah berpuasa.
Puasa adalah bentuk ibadah yang lainnya yang dianjurkan selain sholat, bersedekah, dan lain-lain.

Secara khusus, puasa adalah cara terbaik untuk mengekang hawa nafsu dan untuk melawan amarah. Karena ketika kita berpuasa, kita tidak hanya diminta untuk menahan rasa lapar dan dahaga, melainkan juga kita diminta untuk menahan hawa nafsu, menahan amarah atau emosi, serta menjauhkan diri dari perbuatan maksiat.

Dengan mengekang hawa nafsu, menjauhi maksiat, dan dengan banyak bersabar, akan membuat hati tidak memiliki kesempatan untuk sakit dan rusak.


Baca Juga :

4. Mencari kesibukan dengan mengikuti kegiatan yang positif


Image result for kegitan positif
Sumber gambar Catatan Ramadhanku
Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan positif seperti organisasi-organisasi islam yang sesuai syariat di kampus, mengajar di TPA, mengikuti bakti sosial, mengikuti kajian-kajian ilmu agama, maka perhatian kita pasti akan teralihkan sehingga kita lupa bahwa hati kita sedang sedih, yang nantinya rasa sakit ini akan menghilang dengan sendirinya.

5. Menanamkan rasa syukur dan husnudzon 


Image result for cara mengobati hati yang terluka karena cinta menurut islam
Sumber gambar DaftarMenarik.com
Allah berfirman:

“Hai orang-orang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka. Sesungguhnya sebahagian prasangka itu adalah dosa. Dan janganlah kalian mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah sebahagian kalian mengejek sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya.” (QS. Al-Hujurat : 12).

Berpikirlah positif jika Allah memberikan ujian di awal-awal itu tandanya Allah sayang kepada kalian. Allah tidak ingin kalian melampaui batas dan terlibat terlalu jauh dalam perbuatan-perbuatan keji. Ambil hikmahnya jangan pernah menyalahkan diri sendiri, tetap berusaha, bersabar dan bersyukur.

6. Banyak mengingat mati


Related image
Sumber gambar bangalnama.com
Semua makhluk hidup pasti akan mati. Dan banyak mengingat mati adalah salah satu cara mengobati hati yang sakit, terutama sakit dalam arti, sering ingin dipuji, sering iri hati, sering sombong, dan sejenisnya.

Dengan banyak mengingat kematian, bahwa kita akan kembali kepada Allah subhanahu wa ta’ala, akan membuat kita mengerti bahwa segala sesuatu di Bumi ini hanyalah milik Allah. Tidak ada hal yang bisa kita sombongkan karena semua yang kita miliki di dunia ini hanyalah sementara saja.

7. Perbanyak dzikir dan berdoa


Image result for cara mengobati hati yang terluka karena cinta menurut islam
Sumber gambar VOA-ISLAM .COM
Dzikir tidak hanya bisa dilakukan selepas sholat, melainkan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Sebisa mungkin, berdzikirlah kepada Allah dan pikirkan serta masukkan ke dalam hati apa makna dzikir yang kita baca sehingga kita akan berfikir dan menyadari bahwa kita hanyalah makhluk lemah dihadapan Allah. Karena selama ini, banyak diantara kita yang hanya berdzikir di lisan saja namun hati tidak menyadari apa yang sedang diucapkan oleh lisan.

Dengan memperbanyak dzikir terutama dalam keadaan suci (sudah berwudhu) akan membuat hati kita lebih bersih. Selain itu, berdoa dan memohon kepada Allah serta hanya meminta kepada Allah juga ada bentuk obat hati lainnya yang bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan sakit hati.

Itulah beberapa tips mengobati sakit atau luka hati menurut agama islam. Semoga yang sedang sakit hati cepat sembuh, agar tidak galau-galau lagi.