Jembatan Shiratal Mustaqim Mudah di Lewati ? Inilah 5 Amalan Yang Mempermudah Melewatinya
Cari Berita

Advertisement

Jembatan Shiratal Mustaqim Mudah di Lewati ? Inilah 5 Amalan Yang Mempermudah Melewatinya

7/6/18

Kehidupan di dunia berlangsung untuk sementara saja. Sedangkan kehidupan yang kekal akan terjadi ketika kita berada di akhirat kelak, tepatnya setelah hari kiamat.

Di tempat inilah ada fase-fase yang harus terlebih dahulu dilalui manusia salah satunya yaitu melewati jembatan shiratal mustaqim.

Kalimat ini berbunyi di setiap nafas diucapkan umat islam saat membaca surat Al-fatihah yang tiba pada bacaan “ihdinas shiratal mustaqim" yang apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yang bermakna "tunjukilah kami ke jalan yang lurus".

Dalam keyakinan umat muslim sebagaimana dijelaskan dalam sumber hukum Islam, jembatan shiratal mustaqim terbentang panjang di atas neraka di mana jalan akhir dari jembatan ini adalah surga.

Deskripsi yang diambil dari Al Quran dan hadis menceritakan bahwa banyak orang terjatuh ke dalam api neraka dan tak sedikit yang bisa melewati hanya dalam kedipan mata atau secepat kilat. Semua itu, tidak lepas dari amal baik dan buruk yang diperbuat manusia selama hidupnya.

Berikut 5 Amal Mempermudah lewat Jembatan Shiratal Mustaqim :

1. Senantiasa Bertaubat Kepada Allah SWT


Bekal pertama yang harus dilakukan oleh manusia agar dimudahkan untuk melewati jembatan shiratal mustaqim adalah dengan bertaubat.

Tentu saja taubat yang dilaksanakan tersebut harus taubatan nasuha. Yakni taubat yang sungguh-sungguh, penuh ketulusan untuk kembali ke jalan Allah SWT dengan tidak mengulangi kesalahan yang pernah ia lakukan.

Dengan melaksanakan taubatan nasuha ini akan membuat seorang mukmin memperoleh kesempurnaan sinar yang akan mengakibatkan dirinya sukses menyebrangi jembatan shiratal mustaqim yang mendebarkan tersebut.

Allah SWT berfirman:

"Hai, beberapa orang yang beriman, bertaubatlah pada Allah dengan Taubatan Nasuhan (taubat yang semurni-murninya), semoga Tuhan anda bakal meniadakan beberapa kekeliruanmu serta memasukkan anda dalam surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai,

Pada hari saat Allah tak mengejekkan Nabi serta beberapa orang yang beriman berbarengan dengan dia ; tengah sinar mereka memancar di hadapan serta disamping kanan mereka, sembari mereka menyampaikan : " Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami, serta ampunilah kami. Sebenarnya Engkau Maha Kuasa atas semua suatu hal ". (At-Tahrim: 8)

2. Berjalan ke Masjid dalam Kegelapan untuk Melaksanakan Shalat


Bekal selanjutnya untuk mempermudah jalan melewati jembatan shiratal mustaqim adalah yaitu mendirikan shalat 5 waktu, shalat menjadi ibadah yang dapat mencegah manusia untuk melakukan perbuatan keji dan mungkar.

Seperti yang di kutip oleh muslimidia.com ketika melewati jembatan ini, kita harus menyeimbangkan amal perbuatan selama hidup di dunia. Terlebih lagi bagi seorang muslim tetap melangkahkan kaki di tengah kegelapan untuk menegakkan perintah Allah SWT.

Bahkan mereka akan mendapatkan sinar yang prima di akhirat kelak untuk membantu mempermudah langkahnya melewati jembatan tersebut. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

"Berilah berita gembira pada beberapa orang yang jalan menuju masjid-masjid dalam kegelapan dengan sinar yang prima pada hari kiamat." (HR. Ibnu Majah 773)

3. Membuat Perlindungan untuk Sesama Muslim dari Kejahatan Orang Munafik


Amalan selanjutnya yang ternyata juga menjadi salah satu bekal agar mempermudah langkah kaum muslim melewati jembatan shiratal mustaqim adalah dengan membuat perlindungan untuk sesama muslim dari kejahatan orang munafik.

Pembelaan dan penentangan terhadap tuduhan dari kaum munafik ini dapat menjadi salah satu cara melindungi diri dari siksaan neraka jahanam di akhirat kelak.

Rasulullah SAW bersabda:

"Siapa saja membuat perlindungan seorang Mukmin dari kejahatan orang Munafik, Allah bakal mengutus malaikat membuat perlindungan daging orang itu pada hari kiamat (dari neraka jahannam).

Siapa saja menuduh seseorang Muslim dengan maksud menginginkan mencemarkannya, jadi Allah bakal menahannya di atas jembatan neraka jahannam sampai orang itu dibikin bersih dari dosa pengucapan buruknya ". (HR. Abu Dawud 4239)

4. Ikhlas Dalam Bersedekah


Bekal selanjutnya adalah ikhlas dalam bersedekah. Dengan melakukan ini, selain akan mendapatkan pahala dari Allah SWT nantinya kita juga akan dimudahkan untuk melewati jembatan shiratal mustaqim.

Oleh sebab itu, janganlah mengharap pujian dari sesama manusia ketika melakukan sedekah kepada orang lain. Berharaplah hanya kepada Allah SWT.

5. Kurangi Beban dan Menolong Orang Lain


Amalan lainnya yang dapat dilakukan oleh kaum muslim dan menjadi bekal agar memudahkannya melewati jembatan shiratal mustaqim adalah dengan mengurangi beban dan menolong orang lain yang tengah mengalami kesulitan.

Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang melapangkan diri untuk menolong orang lain, Allah bakal isi hatinya pada hari kiamat dengan keridhoan-Nya,

Serta barangsiapa yang jalan dengan saudaranya bakal satu keperluan lalu dia dapat memenuhinya, jadi Allah bakal mengambil keputusan dua kakinya pada hari saat kaki-kaki bakal terpeleset dalam neraka” (HR. Anas)

Semoga kita termasuk kedalam golongan orang-orang yang dimudahkan oleh Allah SWT pada hari akhir nanti dalam melewati jembatan shiratal mustaqim. Aamiin Ya Robbal Alaamiinn.