Keistimewaan Membaca Al-Qur'an Setelah Sholat
Cari Berita

Advertisement

Keistimewaan Membaca Al-Qur'an Setelah Sholat

7/12/18
       


                                                                     وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

"Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian"(Qs. Al Isra [17]: 82).


Pada waktu pagi hari adalah waktu penuh berkah.
Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memulai aktifitas.
Saat pagi hari datang, udara masih segar dan tubuh pun bugar karena semalam telah beristirahat.
Pada pagi harilah Allah SWT menebar rezeki.

Membaca Al Qur’an merupakan sesuatu yang sangat baik dan mengandung banyak keutamaan bagi seorang muslim. Al Qur’an sebenarnya boleh dibaca kapan saja. Meskipun begitu, ada waktu-waktu yang harus kita perhatikan agar bacaan Al Qur’an bisa mendapatkan rahmat dari Allah.

Sesungguhnya waktu yang terbaik untuk membaca Al Qur’an adalah ketika sedang shalat yakni setelah membaca surat Al fatihah sehingga kita tidak hanya membaca surat-surat yang pendek saja, melainkan bisa membaca sepanjang mungkin selama hal tersebut memungkinkan. Selain itu kita pun dianjurkan membaca Al Qur’an pada sepertiga malam terakhir, pada malam hari, waktu fajar, waktu subuh dan waktu siang seperti saat istirahat kerja.

Keutamaan Membaca Alquran Setelah Shalat.

Di zaumul akhir nanti tiada yang mampu menolong diri kita, semua perbuatan yang dikerjakan di dunia ini akan dimintai pertanggungjawaban. Bahkan amalan yang tidak ada satu orang pun yang tau Allah akan mengetahuinya dan akan dihisab nanti.

 Adakah penolong yang bisa membantu nanti. Apa?? Alquran. Alquran akan memberi pertolongan pada diri kita saat dihisab nanti. Nahh seperti hadits berikut ini,

Dari Abu Amamah ra, aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

1. Melembutkan hati yang mengeras.

Hati terkadang akan menjadi keras sekeras batu karang yang ada di lautan. Kenapa itu bisa terjadi? Karena hati membutuhkan siraman agar dia tetap dingin dan emosi hati akan terjaga dengan baik. Hati adalah perasaan yang dimiliki setiap manusia.

Manusia yang terdiri dari jasmani dan rohani semua membutuhkan makanan. Jika jasmani kita beri makan dengan makan 3x sehari dan ditambah dengan olahraga. Sedangkan rohani kita membutuhkan tausiyah, belajar tentang agama dan juga membaca kitap suci Alquran.

                                                      قُلْ آمِنُوا بِهِ أَوْ لَا تُؤْمِنُوا إِنَّ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ مِنْ قَبْلِهِ إِذَا يُتْلَى عَلَيْهِمْ يَخِرُّونَ لِلأذْقَانِ سُجَّدًا

Katakanlah, "Berimanlah kalian kepadanya atau tidak usah beriman (sama saja bagi Allah). Sesungguhnya orang-orang yang diberi pengetahuan sebelumnya apabila Al-Qur’an dibacakan kepada mereka, mereka menyungkur atas muka mereka sambil bersujud.” (QS al-Israa:107)

2. Membuat hati menjadi tenteram dan damai


                                                                                     الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tentram.” (QS. Ar- Ra’d ayat 28)

3.Allah akan menolong dari kerugian dan menambah karunia-Nya

Pertolongan Allah akan datang pada siapa saj a yang Dia kehendaki. Ketika kita melakukan sesuatu kebaikan maka kita akan mendapatkan balasan dari kebaikan tersebut. Terkadang yang membalasnya adalah orang yang kita tolong tapi ada kalanya juga kita dibalas dari tangan orang lain yang tidak pernah disangka sangka kedatangannya.

   إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ (29) لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ

                                                                                                                         مِنْ فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ (30)

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”.


“Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir ayat 29-30)

4. Mendapatkan do’a dan shalawat dari malaikat

Apabila Al-Qur’an dikhatamkan bertepatan pada permulaan malam, maka malaikat akan bersalawat (berdoa) untuknya hingga subuh.

Dan apabila khatam bertepatan pada akhir malam, maka malaikat akan bershalawat/ berdoa untuknya hingga sore hati.” (HR. Addarimi.)

5. Allah mengkaruniakan kepada orang tua kita mahkota yang berkilauan

“Siapa yang mebaca al-Qur’an serta berusaha mengamalkannya, maka kelak di hari Kiamat kedua orangtuanya akan diberi mahkota yang bersinar lebih baik daripada sinar matahari di dunia. Bagaimana menurutmu orang yang mampu melaksanakan hal ini?” (H.R Abu Dawud)


Mari kita mulai luangkan waktu beberapa menit dari 24 jam di hari kita. Semoga bermanfaat buat kita semua bersama keluarga kita. Semoga kita kelak menjadi penghuni Surga, Aamiin Yaa Rabb.