Keutamaan Bersiwak ! Sesuai Yang Dicontohkan Rasulullah SAW ! Apa Saja ?
Cari Berita

Advertisement

Keutamaan Bersiwak ! Sesuai Yang Dicontohkan Rasulullah SAW ! Apa Saja ?

abdul arif rachman
7/16/18



Bersiwak adalah sunnah yang mudah namun pahalanya, kesan, dan faedahnya sangat besar.

Diantara faedah siwak yang besar dalam aspek keduniaan dan panca indera kita adalah ia dapat membersihkan gigi, memutihkan gigi, menguatkan gusi, dan membersihkannya dari bakteri serta memberi manfaat untuk perut dan akal.

Dan inilah beberapa hadis Nabi tentang bersiwak :

Sirah Nabawiyah mencatat, Rasulullah SAW kerap memakai siwak untuk membersihkan gigi pada siang hari tanpa merusak ibadah puasa. Di dalam sebuah Hadis riwayat Bukhari dari sahabat Amir bin Rabiah RA, ia berkata, "Saya melihat Nabi Muhammad SAW membersihkan gigi dengan siwak ketika beliau berpuasa, berulang kali, hingga saya tidak bisa menghitungnya."

Menurut salah satu hadis, keutamaan shalat dengan memakai siwak sebanding dengan 70 kali shalat dengan tidak memakai siwak. Demikian pula setiap kali bertasbih yang diawali dengan bersiwak akan dihitung 70 kali bertasbih, dikutip dari republika.co.id

Dari Abu Huroiroh radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka bersiwak  setiap kali berwudhu.” (HR. Bukhari)

Dari Abu Hurairoh Radhiyallhu ‘anhu beliau berkata, “Bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, andaikan tidak memberatkan ummat ku pasti aku akan memerintahkan mereka untuk selalu bersiwak pada setiap hendak mengerjakan sholat.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Dari Ibnu Umar Radhiyallhu ‘anhu beliau berkata, “Tidaklah Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam tidur melainkan siwak ada disamping beliau. Manakala bangun tidur beliau langsung bersiwak.”
(HR Ahmad, Al BUkhori, Abu Ya’la, Ath Tabrani,dan yang lainnya)

Dari Aisyah Radhiyallhu ‘anha beliau berkata bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda “Siwak itu pembersih mulut dan mendatangkan ridho Allah.
“(HR Al Bukhori, Ahmad, An Nasai, dan dishahihkan Al-Albani) Dikutip dari sobatilmu.com

Bersiwak untuk membersihkan gigi dan mulut termasuk dalam amalan sunah. Sebuah hadis menyebutkan, ''Ada empat hal yang termasuk dari sunah Rasul, yakni memakai minyak wangi, menikah, bersiwak, dan malu." (HR Ahmad).