Motivasi Islam Supaya Hidup Menjadi Lebih Baik
Cari Berita

Advertisement

Motivasi Islam Supaya Hidup Menjadi Lebih Baik

7/11/18



Motivasi islami tak cuma dijadikan bahan bacaan saja. Ia juga mampu menjadi jawaban atau solusi atas hal buruk yang kita alami. Kalimat motivasi islami bisa berasal dari ayat, atau ucapan para cendekiawan muslim seperti yang bisa ditemui dalam artikel ini.

Memang tak diragukan lagi, agama memang sering menjadi sumber motivasi, inspirasi dan pencerahan dalam menjawab setiap permasalahan kehidupan.

Di dalam kata kata motivasi islami, terselip banyak hal yang mengejutkan. Seperti hal yang belum kita ketahui. Ataupun sesuatu yang kita sudah mengetahuinya, tapi belum menyadarinya.

Dengan membaca kalimat kalimat motivasi islami Ini, siapa tahu tak hanya mendapat jawaban dari persoalan hidup yang sedang dialami, kita juga bisa terdorong untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Berikut penjelasan tentang Motivasi islam supaya menjadi lebih baik :

1. Jangan Menyakiti Orang Lain

Sebelum menendang, perlu engkau sadari bahwa engkau akan berdiri dengan satu kaki saja.
Achmad Mustofa Bisri

Yang dimaksud menendang oleh kata kata motivasi islami di atas adalah menyakiti orang lain dengan sengaja. Dan tanpa alasan yang jelas. Ketika kita melakukan itu, kita harus siap untuk kehilangan teman.

Dan tak punya teman sama dengan hanya memiliki satu kaki saja. Masih berdiri sih, tapi keadaan kita akan sangat rapuh dan mungkin mudah jatuh dengan sendirinya.

2. Pandai Bersyukur

فَٱذۡكُرُوٓاْ ءَالَآءَ ٱللَّهِ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُونَ

“Maka ingatlah nikmat-nikmat Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.”

(QS. Al-A’raf: 69)

Kita harus sering melihat kondisi orang yang berada di bawah kita dan membatasi melihat orang-orang yang berada di atas kita. Kita akan merasa cukup walaupun hidup sederhana apa adanya.

Apa yang kita dapat akan lebih bermakna dibandingkan orang yang memiliki segunung harta tetapi selalu merasa kurang.

3. Bersabarlah

Untuk mendapat apa yang diinginkan, kau harus bersabar dengan apa yang kau benci.

Imam Ghazali

Pengen dapat beasiswa belajar ke luar negeri, tapi enggak pernah belajar. Mana bisa?! Kalau kamu cuma mau enak aja, jangankan kata kata motivasi belajar, horornya sapu Emak pun enggak kamu gubris.

Padahal nih ya, hidup itu bukan mie instan yang langsung jadi. Kamu harus berjuang dulu. Semakin besar perjuanganmu, maka buah yang kamu cicipin pun akan semakin manis. Enggak percaya? Coba aja.

4. Hidup Sederhana

وَلَوْ بَسَطَ اللَّهُ الرِّزْقَ لِعِبَادِهِ لَبَغَوْا فِي الْأَرْضِ وَلَٰكِنْ يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّهُ بِعِبَادِهِ خَبِيرٌ بَصِيرٌ

"Dan jikalau Allah melapangkan rizki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha melihat"

(asy-Syûra/42:27)

Dengan hidup sederhana kita akan selalu merasa berkecukupan dan hidup tenang lahir batin. Hidup mewah dan gelamor butuh biaya yang tidak sedikit dan harus terus menjaga image dengan banyak daya upaya. Dengan hidup sederhana dan rendah diri kita tidak akan mudah stres.

Fokuslah ke kekayaan non materi dan fisik (kecantikan/ketampanan) karena orang akan lebih menghargai kita jika kita punya banyak kemampuan yang tidak dimiliki orang lain tetapi kita tidak sombong.

5. Hentikan berandai-andai

Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup.
Aa Gym

Kata kata motivasi islami di atas cocok banget nih buat kamu yang ingin memutar waktu. Dan punya kalimat sakti “seandainya”.  Setiap orang pasti pernah buat salah, tapi dengan berandai andai masalahmu tak akan kelar.

Karena itu mungkin hati jadi galau dan kepala jadi pusing. Mulai sekarang, putuskan sikapmu dan laksanakanlah. Karena hidup itu nyata, bukan cerita fiksi untuk berandai-andai.