Nabi Menganjurkan Tidur Miring Kekanan, Manfaatnya Seperti ini
Cari Berita

Advertisement

Nabi Menganjurkan Tidur Miring Kekanan, Manfaatnya Seperti ini

7/25/18


Dalam sebuah riwayat Al-Bara′ bin Azib menyampaikan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلاَةِ ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الأَيْمَنِ

“Apabila kamu hendak berangkat ke tempat tidurmu maka berwudhulah seperti wudhumu untuk shalat, kemudian berbaringlah pada sisi badan sebelah kanan…,” (HR. Bukhari-Muslim)

Dikutip dari kiblat.net tidak ada syariat satu pun dalam islam kecuali memabawa maslahat bagi seluruh umat manusia. Baik maslahat bagi jiwanya maupun maslahat bagi jasmaninya. Ternyata tidur dalam posisi berbaring sebelah kanan menyimpan rahasia manfaat yang banyak.

terkadang orang tidur dengan cara tengkurap, telentang, atau berbaring pada salah satu sisi badannya, sebelah kanan ataupun kiri. tahukah anda? bagaimana posisi tidur yang paling baik untuk kesehatan seluruh anggota badan?

pada waktu orang tidur tengkurap, menurut pendapat Dr. Zhafir Al-Athar, “Sesaat kemudian, ia akan merasakan sesak nafas. Sebab, beban punggung terasa berat menghalangi dada untuk mengembang dan mengempis pada saat menarik dan mengeluarkan nafas. Posisi tidur seperti itu dapat menyebabkan kebengkokan secara paksa pada ruas tulang tengkuk serta gesekan alat kelamin dengan tempat tidur yang mendorong untuk melakukan onani.

Tidur miring ke kanan merupakan posisi yang benar. karena, paru-paru sebelah kiri lebih kecil daripada yang sebelah kanan, sehingga lebih ringan bebannya pada jantung. Hati pun dalam keadaan stabil. Perut juga dapat beristirahat dengan relaksasi. Selain itu, lebih mudah untuk mengosongkan makanan yang ada di dalam perut sesudah mencernanya. tidur miring ke kanan dianggap sebagai tindakan medis terbaik bisa memudahkan tugas batang tenggorokan rongga paru-paru kiri bisa mempercepat pengeluaran kotoran berupa ingus.