Perbaiki Akhlakmu Untuk Amalanmu !
Cari Berita

Advertisement

Perbaiki Akhlakmu Untuk Amalanmu !

7/26/18



KEBURUKAN AKHLAK MERUSAK AMAL KEBAIKAN


Salah satu sabda Rasulullah yang diriwayatkan Thabrani dari Ibnu Umar, sbb:

إنَّ سُوْءَالخُلُقِ يُفْسِدُ العَمَلَ كَمَا يُفْسِدُ الخَلُّ العَسَلَ

“Sesungguhnya keburukan akhlak bisa mrusak amal perbuatan sebagaimana cuka merusak madu (Diriwayatkan Thabrani dari Ibnu Umar ra).

Ketika seorang hamba melakukan aksi atau beramal maka selain secara kasat mata terlihat, sebenarnya ada aksi yang yang tidak terlihat oleh indera manusia, yaitu

aksi yeng terjadi dalam jiwa pelakunya yaitu niat atau motivasi yang mengawali terjadinya aksi tersebut.Gerak yang terjadi dalam jiwa manusia ini hanya Allahlah yang mengetahuinya.

Akhlak merupakan salah satu potongan rantai di antara tiga sambungan yang membentuk lingkaran dalam bangunan islam, yakni sambungan yang menggambarkan kesempurnaan seseorang dalam melakoni hidup sebagai seorang muslim. Komponen rantai tersebut adalah iman, islam dan ihsan. Akhlak dalam rantai tersebut termasuk dalam kawasan Ihsan.

Ketika seorang hamba menyatakan percaya atau iman kepada Allah dan Rasulnya maka ia wajib melukan sholat, dan ketika seorang hamba telah melakukan sholat maka ia harus berakhlak baik terhadap sesama.

Dalam keseharian banyak hal kita temui, boleh jadi orang telah melakukan sholat tetapi ia berlaku cela, boleh jadi orang berlaku baik tetapi tidak melaksanakan ibdah sholat dan boleh jadi orang malakukan sholat dan berlaku baik terhadap sesama manusia tetapi dia masih pergi ke dukun.

Ini adalah sebuah gambaran yang apabila boleh saya katakan adalah perbuatan tercela semuanya dihadapan Allah swt. Bila sebuah perbuatan telah dinilai cela di hadapan Allah tentu ia juga cela di hadapan manusia.

Maka dari itu Rasul bersabda bahwa. Seorang muslim yang baik di antara manusia adalah mereka yang akhlaknya paling baik.

خَيْرُ النَّاسِ أحسَْنُهُمْ خُلُقًا

"Sebaik-baik manusia adalah orang yang terbaik akhlaknya di antara mereka.” (HR Thabrani dari Abdullah bin Umar).

Dikutip dari kutbahku.blogspot.com, Oleh karena itu boleh-boleh saja saja orang mengelus-elus kendaraannya supaya terlihat bagus mengkilat atau membangun istana dan taman yang indah untuk membangkitkan kepuasan.

Tetapi jangan lupa ada sesuatu yang harus dijaga dan dipundi-pundi melebihi merawat harta semua yang ada ? Itulah budi pekerti yang baik atau akhlak mulia. Inilah harta yang harus tetap dipelihara oleh setiap manusia.

Mengapa harus kita jaga, karena rontoknya harta ini akan berkibat fatal dalam diri manusia bahkan pengaruh dapat merambah hingga mencapai harta benda lain yang kita miliki.