Pintu Neraka Yang Paling Atas Hanya Untuk Kaum Nabi Muhammad SAW ? Inilah Penjelasannya !

Advertisement

Advertisement 970x90px

Pintu Neraka Yang Paling Atas Hanya Untuk Kaum Nabi Muhammad SAW ? Inilah Penjelasannya !

7/11/18


Neraka merupakan salah satu tempat yang paling menakutkan, mengerikan dan yang paling keji yang diciptakan Allah SWT untuk orang-orang yang ingkar, yang melanggar perintah, dan yang berbuat maksiat kepada-Nya, sebagai suatu hukuman yang amat pedih bagi orang-orang tersebut dan sebagai balasan terhadap apa yang ia lakukan didunia ini.

Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah An-Nisa’ ayat  145 :
“Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka.”

Dari arti ayat tersebut jelas bahwa neraka mempunyai tingkatan-tingkatan. Sebagimana yang tertulis didalm kitab As-Sab’iyatu Fi Mawa'idzil Birriyat, bahwa sesungguhnya Allah SWT menciptakan neraka pada hari ahad. Di situ disebutkan pula bahwa neraka itu mempunyai tujuh pintu atau tujuh tingkatan, Yaitu:

1) Neraka Hawiyyah

Neraka Hawiyyah ini adalah neraka yang paling bawah (dasar), yang merupakan neraka yang sangat mengerikan. Pintu neraka ini ditempati oleh orang-orang munafik, orang kafir, dan termasuk juga keluarga Fir'aun.

Firman Allah SWT:
“Dan barang siapa yang ringan timbangannya, maka dia dilemparkan ke neraka Hawiyah. Tahukah engkau apakah Neraka Hawiyah itu? Yaitu api yang sangat panas." (Q.S. Al-Qoriah : 8-11).

2) Neraka Jahim

Neraka jahim ini berada di tingkatan ke 6 yaitu di atasnya neraka Hawiyah. Di dalamnya ditempati oleh orang-orang musyrik yang menyekutukan Allah SWT.

Firman Allah SWT:
"Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat" (QS.Asy-Syu'araa : 91).

3) Neraka Saqar

Neraka Saqar ini berada di tingkatan ke 5 yaitu yang terletak di atasnya pintu neraka Jahim. Didalamnya ditempati oleh orang-orang yang tidak melaksanakan salat, orang yang berbohong tentang keberadaan Allah SWT, orang yang menyembah selain Allah SWT (berhala, patung) atau menyembah zat yang keluar dari sifat Allah SWT dan Al-Qur'an.

Firman Allah SWT dalam Surat :  Al-Mudatsir : 40-46 :

“Di dalam surga mereka saling bertanya dari hal orang berdosa. Apakah sebabnya kamu masuk neraka Saqar? “Karena kami tidak sholat, kami tidak memberi makan orang miskin, kami percaya pada yang bukan-bukan. Kami mendustakan hari kiamat.”

4) Neraka Ladza

Neraka Ladza ini berada di tingkatan ke 4 yaitu yang terletak di atasnya pintu neraka saqar. Di dalamnya ditempati oleh Iblis laknatullah beserta orang-orang yang mengikutinya dan orang-orang yang terbujuk rayuannya, dan orang-orang majusi, mereka kekal bersama Iblis di dalamnya.

Firman Allah SWT:
“Sekali-kali tidak dapat, sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergejolak". (QS. Al-Ma'arij : 15).

5. Neraka Huthamah

Neraka Huthamah ini berada di tingkatan ke 3 yaitu yang terletak diatasnya pintu neraka Ladza. Di dalamnya ditempati oleh orang-orang Yahudi dan para pengikutnya.

Firman Allah SWT:
"Dan tahukah kamu, apakah Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan Allah) yang dinyalakan". (QS. Al-Humazah : 5-6)

6. Neraka Sa'ir

Neraka Sa’ir ini berada di tingkatan ke 2 yaitu yang terletak diatasnya pintu neraka Hutamah. Didalamnya ditempati oleh orang-orang  yang tidak mau mengeluarkan zakat. Dan orang-orang yang memakan harta anak yatim, mereka akan dimasukkan kedalam neraka Sa’ir.

Firman Allah SWT:

“Bahwasanya orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan aniaya, sesungguhnya mereka memakan api sepenuh perutnya, dan nanti mereka akan dimasukkan kedalam neraka Sa'ir.” (Q.S. An-Nisa’ : 10).

7. Neraka Jahannam

Seperti yang dikutip oleh akidahislam.com neraka Jahannam ini adalah neraka yang paling atas (pertama). Pintu neraka ini ditempati oleh kaum muslimin (umat Nabi Muhammad SAW) yang melakukan dosa besar.

Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Jibril kepada nabi Muhammad SAW:

"Hai Muhammad! pintu neraka jahannam, ini dihuni oleh orang-orang yang melakukan dosa besar dari umatmu, dimana mereka mati sebelum bertaubat."

Demi mendengar apa yang dikatakan Jibril, Rasulullah pun langsung pingsan. Ketika Rasulullah SAW telah sadar kembali, beliau berkata :

"Hai Jibril! sangat besar musibahku. Karena sesungguhnya aku amat takut bila umatku dimasukkan ke dalam neraka!". Jawab Jibril: "Ya, umatmu yang melakukan dosa besar akan dimasukkan ke dalam neraka!". Kemudian Rasulullah menangis, dan Jibril pun ikut menangis.

Firman Allah SWT:
"Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut setan) semuanya." (QS. Al-Hijr : 43).

Oleh karena itu, maka jagalah diri kita dan keluarga kita dari api neraka karena bahan bakar neraka adalah manusia dan batu. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah At-Tahrim ayat 6:

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” (QS. At-Tahrim: 6).

Semoga kita bukan termasuk orang yang masuk kedalam neraka-neraka tersebut. Aamiin Ya Robbal 'Alaamiin.