Seluruh Alam Semesta Berdikir Pada Allah ! Inilah Keutamaan Berdzikir
Cari Berita

Advertisement

Seluruh Alam Semesta Berdikir Pada Allah ! Inilah Keutamaan Berdzikir

7/20/18



Langit berlapis-lapis hingga ketujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada satu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.
QS Al-Israa' [17]:44

Jika kita melihat ke langit hitam malam yang dihiasi dengan bintang dan bulan, ingatkah anda bahwa setiap bintang berputar pada porosnya, setiap planet berputar pada bintang induknya. Bulan mengitari Bumi, Bumi mengitari Matahari, Matahari mengitari Pusat Galaksi, mereka seakan patuh pada suatu hukum (Sunatullah), inilah tasbih mereka, mereka seakan thawaf mengelilingi sesuatu yang telah ditetapkan oleh Allah, mereka tunduk pada ketetapan tersebut.

Thawaf juga berlaku untuk kita pada saat haji, kita mengitari ka'bah sesuai ketentuan Allah. Anehnya jika kita melihat ke dunia mikro, pada tingkat atom pun kita menemukan pergerakan thawaf ini, setiap elektron selalu mengitari inti atom layaknya thawaf. Subhanallah Dikutip dari serbaislam.blogspot.com

Wahai saudaraku se-Islam, marilah kita renungkan ayat diatas. Allah telah menyindir kita dalam firman-Nya diatas, Allah menyatakan bahwa semua yang ada di jagat raya ini bertasbih pada-Nya, namun seberapa seringkah kita bertasbih saudaraku, seberapa seringkah kita memuji-Nya? Tidakkah kita malu pada atom yang membentuk tubuh kita yang menghabiskan waktu untuk bertasbih dan memuji Allah? sedangkan kita sebagai khalifah atom tersebut jarang sekali bertasbih kepada-Nya?


Keutamaan Berdzikir

Ibnu Hibban[1] meriwayatkan hadits ini dalam shahihnya dari Mu’adz bin Jabal Radhiyallahu anhu , ia berkata, “Aku bertanya kepada Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam , ‘Amal apakah yang paling dicintai oleh Allâh Azza wa Jalla ?’ Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Engkau mati dalam keadaan lidahmu basah karena berdzikir kepada Allâh Azza wa Jalla .

1. Tercukupi Atas Segala Sesuatu

Maksudnya kita tidak pernah benar-benar mengetahui segala sesuatu kecuali atas kehendak Allah Yang Maha Mengetahui sebab Allah SWT jauh lebih mengetahui apa yang tidak kita ketahui. Bahkan apa-apa yang kita butuhkan pun Allah SWT jualah yang jauh lebih mengetahui. Sehingga, ketika kita senantiasa berdzikir, Allah akan memenuhi atas segala yang kita butuhkan entah dalam wujud atau apapun juga yang bahkan terkadang tidak kita sadari, dikutip dari dalamislam.com

2. Masuk Surga

Dari Syaddad bin Aus RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya; “Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum shubuh, maka ia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari).

3. Senantiasa Dipanggil Oleh Allah Ta'ala

Di dalam Al-Qur'an, Allah Ta'ala berfirman;
“Ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu (QS. Al-Baqarah [2]: 152).

Dari Ayat diatas bisa kita simpulkan dengan mengingat allah , Allah juga ingat kepada kita dan keberuntungan akan selalu menghampiri kita.

4. Diliputi Kebaikan

Seorang Muslim yang senantiasa berdzikir akan senantiasa akan mendapatkan kebaikan demi kebaikan.

Rasulullah bersabda, "Tiada tuhan kaum yang duduk sambil berdzikir kepada Allah, mereka akan mengeluarkan oleh malaikat, diselimuti oleh rahmat dan Allah akan mengingat mereka di hadapan makhluk yang ada di sisi-Nya." (HR. Bukhari).