Cantik Tanpa Perawatan, Ini Manfaat wudhu Sebelum Tidur Untuk Kecantikan
Cari Berita

Advertisement

Cantik Tanpa Perawatan, Ini Manfaat wudhu Sebelum Tidur Untuk Kecantikan

7/9/18


Berwudhu berarti mensucikan diri dari kotoran atau hal lain yang menajiskan. Wudhu wajib dilakukan oleh seseorang sebelum melaksanakan sholat wajib dan sunnah. Selain dari itu, mengerjakan wudhu juga disarankan di sela-sela aktivitas. Ketika hendak berpergian, tidur dan sebagainya. Apabila Anda dapat menjaga kesucian maka insyaAllah akan dilindungi oleh Allah Ta’ala.

Dalam Al-Quran dan hadist dijelaskan:

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan Basulah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.” (QS. Al Maidah: 6)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Tidak diterima sholat salah seorang dari kalian apabila ia berhadast, hingga ia berwudhu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya aku diperintahkan untuk berwudhu apabila hendak mengerjakan sholat.” (HR. At Tirmidzi, Abu Dawud, An Nasa’i)

Sejatinya berwudhu memiliki banyak manfaat bagi kecantikan dan sebelum tidur. Disamping membersihkan kotoran, inilah beberapa manfaat wudhu dalam islam untuk kecantikan dan sebelum tidur :

MANFAAT AIR WUDHU UNTUK KECANTIKAN

1. Mencegah timbulnya jerawat. 

Wudhu berarti membersihkan, artinya setiap kita mencuci wajah kita, maka kotoran dan debu yang menempel pada wajah akan hilang terbuang oleh air wudhu. Bayangkan dalam satu hari kita melakukan setidaknya 5 kali wudhu itu berarti setidak nya 5 kali kita mencuci wajah kita dengan air wudhu dan kotoran penyebab jerawat yang menempel di wajah tidak diberikan kesempatan untuk berlama lama menempel di wajah anda, hal ini akan menghilangkan terjadinya penyebab jerawat di wajah anda.

2. Membuat kulit wajah tetap lembab.

Manfaat wudhu berikutnya yaitu wudhu melembap kan kulit wajah, karena setiap kita membasahi wajah kita dengan air wudhu, wajah kita akan tetap lembap dan akan membuat wajah kita tetap segar dan bersinar.

3. Membuat awet muda.

Mencuci wajah dalam berwudhu akan menjaga kulit wajah kita tetap lembap dan sehat, juga dapat membuang kotoran dan debu yang menempel, artinya wajah kita akan selalu bersih bercahaya dan ini membuat kulit wajah anda sehat sehingga anda akan terlihat awet muda dengan berwudhu, Dikutip dari pondokislami.com

4.Memancarkan innerbeauty. 

Manfaat wudhu yang terakhir yaitu, dengan berwudhu akan memancarkan kecantikan dari dalam atau innerbeauty, mengapa karena berbagai efek positif wudhu akan menunjukkan kecantikan alami seseorang, walaupun tanpa riasan make up tebal dikutip dari pondokislami.com.

MANFAAT WUDHU SEBELUM TIDUR BAGI JIWA KITA

Nabi Muhammad SAW selalu berwudhu sebelum tidur. Sebagaimana sabda beliau yang diriwayatkan oleh sahabat Nabi, al Bara’ bin Azib RA, beliau menyampaikan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda kepada dirinya :

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat.” (HR. Bukahri dan Muslim)

Berikut beberapa manfaat berwudhu sebelum tidur bagi seorang muslim diantaranya :

1. Semakin mendekatkan diri pada Illahi.

Berwudlu meeupakan salah satu bentuk ibadah tinggi. Sebab dengan wudlu kita senantiasa menjaga kebersihan diri. Sedangkan Allah menyayangi dan menyukai kebersihan.

2. Di doakan oleh malaikat.

Dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Ibnu Hibban menyebutkan bahwa seseorang yang berwudhu, ketika bangun ia akan di doakan malaikat. 
Simak berikut haditsnya

Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”.(HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.). 

3. Ketika mati, maka akan di anggap mati syahid. 

Dalam suatu kitab yang di tulis oleh Syekh Muhammad bin Umar An Nawawi Al Mantany dalam bukunya Tanqih al Qand al Hatsis menyebutkan bahwa seseorang yang berwudhu sebelum tidur mendapatkan manfaat. Yakni ketika ia meninggal maka dianggap mati syahid.

Dari Umar bin Harits bahwa Nabi bersabda : ”Barangsiapa tidur dalam keadaan berwudhu ,maka apabila mati disaat tidur maka matinya dalam keadaan syahid disisi allah”