7 Rahasia Awet Muda dan Wajah Cerah Menurut Agama Islam

Advertisement

Advertisement 970x90px

7 Rahasia Awet Muda dan Wajah Cerah Menurut Agama Islam

Nikmatul Khicmiyah
8/7/18

Related image

Sebagi seorang muslim atau yang beragama Islam merawat wajah agar tetap awet muda adalah hal yang perlu dilakukan untuk menjadi hamba Tuhan yang mensyukuri nikmat. Sehingga dalam Islam sangat dianjurkan untuk merawat wajah.

Dalam ajaran Islam, selain tersenyum merupakan salah satu perbuatan baik, tersenyum juga dianggap sedekah. Sabda Rasulullah SAW:

تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

Artinya: “Senyummu untuk saudaramu adalah (berpahala) sedekah bagimu.” (HR. Tirmidzi)

Seperti yang dikutip dari wajibbaca.com Islam selalu mengajarkan bagaimana berperilaku dan berfikir yang baik agar aura positif selalu terpancar dari diri. Sebagai teladan semua umat islam, Nabi Muhammad telah memberikan contoh perilaku yang positif dengan sangat jelas.

Islam memiliki beberapa cara untuk menjaga wajah terlihat awet muda dan cerah dengan beberapa hal sederhana yang ternyata telah dilakukan bahkan telah menjadi kebiasaan mereka sehari-hari. Tidak perlu menyiapkan banyak bahan pendukung seperti buah sayur dan sebagainya.

Berikut tips menjaga wajah terlihat awet muda dan cerah menurut islam.


1. Wudhu
Air wudhu merupakan air yang sangat baik bagi kesehatan. Air sejuk yang telah diberi doa sebelum dibasuhkan pada tubuh ternyata mampu menghalau berbagai macam penyakit pada tubuh manusia. Tidak hanya itu, air wudhu juga mampu mempercepat proses peremajaan kulit. Hal ini lah yang membuat wajah terlihat awet muda dan cerah. Selain itu wudhu juga bisa menjaga kelembapan kulit secara alami.

Bayangkan jika kalian berwudhu satu hari sebanyak lima kali bahkan bisa lebih jika kalian melakukan ibadah sunnah yang mengharuskan kalian berwudhu terlebih dahulu, bagaimana keadaan wajahmu?

Itu hanya dalam satu hari, bayangkan jika kalian melakukannya setiap hari, akan seperti apa kondisi wajahmu? Subḥānallāh. Semoga kalian semua menjadi bagian orang-orang yang selalu menjaga wudhunya. Aamiin.


2. Shalat
Image result for shalat
Sumber gambar An-Najah.net
Sebelum shalat, seseorang diwajibkan untuk mensucikan dirinya terlebih dahulu dengan berwudhu. Saat berwudhu salah satu bagian yang dibasuh adalah wajah. Ketika air wudhu telah membasahi wajah, shalat adalah langkah kedua untuk menyempurnakannya.

Shalat adalah media penghubung antara manusia dengan Allah SWT. Ketika shalat dengan gerakan yang benar dan secara khusyuk, kalian akan merasakan ketenangan hati setelahnya sebab pada saat kalian berdiri semua masalah, beban hidup kalian selama ini dikumpulkan diatas pundak dan ketika kalian melakukan gerakan ruku, sedikit demi sedikit beban tersebut akan luruh sedikit demi sedikit. Begitu pula pada saat kalian melakukan gerakan sujud, beban tersebut akan runtuh. Ketenangan hati mampu membuat wajah terlihat lebih cerah dan wajah akan terasa awet muda sebab tidak ada hal lain yang tersisa di dalam hatinya selain hal baik yang ia dapatkan setelah shalat.

Selain itu, gerakan shalat merupakan sebuah gerakan senam ringan dengan manfaat yang besar. Shalat mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh bahkan pada bagian yang jarang tersentuh pada senam konvensional. Pencegahan penyakit pada organ-orang vital pun dapat terjadi hanya dengan melakukan gerakan-gerakan shalat.

3. Puasa
Islam mewajibkan umatnya untuk berpuasa selama satu bulan penuh dibulan ramadhan. Selain itu adapula puasa sunnah diluar bulan ramadhan yang bisa dilakukan bagi yang inggin melaukannya. Pada saat seseorang berpuasa, sistem organ tubuh akan secara otomatis melakukan detoks (pembuangan racun) pada organ tubuh secara bersamaan. Organ tubuh akan secara otomatis mengembalikan fungsi dan kebutuhan asupan nutrisinya. Orang-orang yang sering melakukan puasa cenderung tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan sebab tubuhnya telah terbiasa untuk makan dan minum secukupnya.

Detoks secara alami, makan dan minum secara tidak berlebihan inilah yang menyebabkan wajah terlihat awet muda dan cerah secara alami.


4. Senyum
Image result for rahasia awet muda menurut islam

Sebuah senyuman mampu mengubah suasana hati seseorang menjadi lebih baik. Sebuah senyuman juga bisa diartikan sebagai cara seseorang untuk mengenalkan diri dan memulai sebuah hubungan sosial. Dengan sebuah senyuman mampu mengakrabkan satu sama lain dan masih banyak lagi manfaat dari sebuah senyuman.

Selain itu setiap kali kalian tersenyum, terjadi kontraksi pada otot wajah bahkan jumlahnya hingga puluhan dan hal inilah yang menjadi penyebab wajah terlihat awet muda dan lebih cerah sebab tanpa kalian sadari kalian telah melakukan senam wajah setiap kali kalian tersenyum.


5. Mengucapkan Salam
Mengucap salam merupakan kebiaasan baik yang harus tetap anda jaga karena selain mendapatkan pahala, hal ini juga bisa membuat anda menjadi awet muda. Seseorang yang sering mengucap salam apabila bertemu sesama muslim maka otomotis wajahnya akan berseri-seri, karena tidak ada orang yang mengucap salam sambil cemberut.

Karena kita selalu bahagia maka hal ini tanpa anda sadari akan membuat kita terhindar dari penuaan dini dan selalu awet muda.


6. Menyayangi Anak Yatim
Image result for berkumpul dengan anak yatim
Sumber gambar aceh.tribunnews.com
Dengan banyak bergaul, menyayangi dan menyantuni anak anak yatim/ piatu hati kita akan menjadi lembut. Dan kelembutan itu akan terpancar dari wajah kita, hingga wajah kita menjadi teduh dan enak dipandang orang.


7. Menghilangkan Iri dan Dengki
Perasaan iri dan dengki hanya merugikan diri anda sendiri karena hal ini sangat dibenci oleh Allah SWT. Selain itu, seseorang yang selalu memendam rasa iri dan dengki didalam hatinya maka wajahnya akan terlihat kusam dan selalu masam, cemberut, muram dan sinis. Hal ini tentu saja akan membuat anda cepat terlihat tua karena tidak pernah tersenyum. Jadi hilangkanlah perasaan iri dan dengki apabila anda ingin awet muda.


Sesungguhnya Islam telah mengajarkan banyak hal dalam untuk menjaga dan merawat diri umatnya dalam keadaan sebaik-baiknya. Pada dasarnya wajah akan tampil indah berdasarkan kondisi dan keadaan hati pemiliknya. Lakukan segala hal semata-mata hanya karena Allah SWT. InshaAllah dengan niat yang baik, maka hasil yang didapatkan pun akan baik.