Boleh Atau Tidak Seorang Istri Bekerja ?
Cari Berita

Advertisement

Boleh Atau Tidak Seorang Istri Bekerja ?

8/10/18
sumber gambar instagram.com

Ada ketakutan tersendiri bagi wanita bekerja ketika ia memasuki jenjang pernikahan: apakah kelak saya masih bisa bekerja lagi setelah menikah dan mempunyai anak? Pada beberapa kasus, pasangan suami dan istri pada saat awal menikah telah sepakat bahwa istri tetap bisa berkarir meskipun mempunyai anak.

Bekerja adalah suatu hal yang harus dilakukan semua orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Baik laki-laki ataupun perempuan sama-sama mendapatkan hak untuk bekerja di tempat dan posisi yang sama sesuai dengan keahlian masing-masing.

Seorang suami adalah pemimpin bagi istrinya. Namun, Islam tidak membatasi peran seorang wanita untuk berkiprah sesuai fitrah dan kemampuannya. Saat ini pun banyak wanita yang bekerja dan menggeluti berbagai profesi.

Rasa tidak tega terhadap anak pasti muncul, suami pun juga tidak sampai hati melihat istrinya jungkir balik membagi waktu antara anak dan karir. Namun, untuk kemudian mengundurkan diri dari pekerjaan perlu dipikirkan berulang kali karena ada beberapa pertimbangan.

Dikutip oleh skata.info akan sangat berat bagi seorang wanita untuk meninggalkan karirnya jika bidang yang digeluti merupakan passionnya. Artinya, bekerja tidak semata untuk mencari uang. Setiap orang, apapun jenis kelaminnya, akan merasa hidupnya lebih bersemangat jika dapat melakukan hal yang menjadi minatnya.

Kunci yang paling mendasar adalah saling memahami. Setiap individu dibesarkan dengan cara yang berbeda yang membentuk kepribadian dan minat masing-masing. Pernikahan yang sehat sebaiknya tidak membuat seseorang kehilangan jati dirinya. Karena itu, baik suami dan istri harus mencoba untuk memahami keinginan masing-masing.

Baik istri maupun suami harus menyadari konsekuensi pasangan bekerja, yaitu menyeimbangkan antara kesibukan bekerja dengan keluarga. Dengan kerjasama yang baik, pembagian tugas yang jelas, dan kemampuan menyediakan quality time bagi anak dan pasangan, lelahnya bekerja akan terbayar. Pemasukan keluarga pun lebih banyak.

Kebahagiaan suami dan istri menentukan kebahagiaan berumah tangga. Istri yang bekerja karena keinginan sendiri dan menemukan semangat di dalamnya, biasanya akan menjadi lebih bahagia.