Hati-Hati Buat Para Muslimah Hindarilah 6 Sifat Berikut Ini!
Cari Berita

Advertisement

Hati-Hati Buat Para Muslimah Hindarilah 6 Sifat Berikut Ini!

8/1/18
Image result for sifat yang harus dijauhi istri dalam islam


Sebagai manusia yang biasa, memang seringkali kita melakukan banyak sekali kesalahan setiap harinya, bahkan mungkin setiap menit dan detik dalam helaan nafas kita. Namun semua itu tidak bisa dijadikan alasan untuk kita terus melakukan dosa-dosa yang akan menyeret kita menjadi teman syaitan.

Selalu berhati-hati dan waspada dalam melangkah, menghindarkan diri dari perbuatan dosa itu sangat disenangi Allah Swt. Terutama untuk kaum hawa yang sangat riskan untuk melakukan berbagai dosa setiap harinya, hingga Rasulullah SAW pernah menyebutkan bahwa wanita-lah yang paling banyak masuk neraka.

Seperti yang dikutip dari dalamislam.com seorang wanita yang memiliki akhlakul karimah InshaAllah dapat menjaga suami dan anak-anaknya secara baik. Pertengkaran juga bisa diminimalisir. Dengan demikian nantinya bisa terwujud Keluarga sakinah dalam Islam, Keluarga harmonis menurut Islam, Keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah.

Berikut ini adalah beberapa sifat yang harus dihindari sebagai wanita:

1. Al Ananah

Wanita yang banyak mengeluh. Apa yang diberikan atau dilakukan suami untuk rumah tangganya semuanya tidak membuatnya bahagia dan tidak berpuas hati.

Dalam sebuah hadist yang artinya :  “Saya diperlihatkan neraka. Saya tidak pernah melihat pemandangan seperti hari ini yang sangat mengerikan. Dan saya melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita. Mereka bertanya, ‘Kenapa wahai Rasulallah? Beliau bersabda, ‘Dikarenakan kekufurannya.’ Lalu ada yang berkata, ‘Apakah kufur kepada Allah?’ Beliau menjawab, ‘Kufur terhadap pasangannya, maksudnya adalah mengingkari kebaikannya. Jika anda berbuat baik kepada salah seorang wanita sepanjang tahun, kemudian dia melihat anda (sedikit) kejelekan. Maka dia akan mengatakan, ‘Saya tidak melihat kebaikan sedikitpun dari anda.” (HR. Bukhari)


2. Al Mananah

Wanita yang suka meniadakan usaha dan jasa suami, akan tetapi sebaliknya menepuk dada. Wanita ini beranggapan bahwa dialah yang banyak berkorban untuk membangun rumah tangga. Dia suka mengungkit-ungkit apa yang dilakukan untuk kebaikan rumah tangga. Biasanya wanita ini bekerja atau berkedudukan tinggi dan bergaji besar.

قَوْلٌ مَعْرُوفٌ وَمَغْفِرَةٌ خَيْرٌ مِنْ صَدَقَةٍ يَتْبَعُهَا أَذًى ۗ وَاللَّهُ غَنِيٌّ حَلِيمٌ

“Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun.” (QS. Al Baqarah: 263)


3. Al Hananah

Menyatakan kasih sayangnya kepada suaminya yang lain (bekas suaminya dahulu) yang dinikahinya sebelum sekarang, atau kepada anak dari suaminya yang lain, dan wanita ini berangan-angan mendapatkan suami yang lebih baik dari suami yang ada. Dengan kata lain, wanita seperti ini tidak bersyukur dengan jodohnya itu. Wanita seperti ini mengufuri nikmat pernikahan yang dianugerahkan Allah SWT. Dia juga merendahkan potensi dan kemampuan yang dimiliki suaminya.


4. Hadaqah

Image result for sifat yang harus dijauhi istri dalam islam
islam.babe.news
Melemparkan pandangan mata terhadap segala sesuatu, lalu menyatakan keinginan untuk memiliki barang itu dan memaksa suaminya untuk membelinya. Selain itu, wanita ini suka mengikuti nafsunya. Wanita seperti ini membuat pusing kepala lelaki. Dia menginginkan apapun yang dia mau. Dia juga suka membandingkan dirinya dengan orang lain.

Dari Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

قَدْ أَفْلَحَ مَنْ أَسْلَمَ وَرُزِقَ كَفَافًا وَقَنَّعَهُ اللَّهُ بِمَا آتَاهُ

“Sungguh sangat beruntung seorang yang masuk Islam, kemudian mendapatkan rizki yang secukupnya dan Allah menganugrahkan kepadanya sifat qana’ah (merasa cukup dan puas) dengan rezki yang Allah berikan kepadanya”


5. Basaqah

Sifat wanita ini memiliki dua makna:

a. Pertama, wanita seperti ini suka bersolek dan berhias diri. Namun sayangnya dia menghias diri bukan untuk suaminya tetapi untuk ditujukkan kepada dunia. Dan biasanya wanita ini suka melawan suami. Uangnya dihabiskan untuk membeli make-up, pakaian dan perhiasan. Wanita seperti ini juga sangat suka dipuji-puji. Jika dia kebetulan menjadi istri orang ternama, menjadi ketua dalam kumpulan itu, orang lain tidak boleh mengungguli dirinya.

وعَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِى وَقَّاصٍ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : أَرْبَعٌ مِنَ اَلسعَادَةِ : الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ ، وَالْمَسْكَنُ ألوَاسِعُ ، وَاَلجَارََُُّ الصَّالِحُ ، وَالْمَرْكَبُ اَلهَنِيءُ ، وَأَرْبَع مِنَ اَلشًقَاوَةِ : اَلْجَارُ السُّوءُ ، والمرأة اَلسُّوءُ ، وَالْمَسْكَنُ اَلضيقُ ، وَالْمَرْكَبُ السُّوءُ

Dari Sa’ad bin Abi Waqos, ia berkata: Rasulullah saw bersabda: ada empat hal yang membahagiakan: Istri yang sholihah, rumah yang luas, tetangga yang sholih (baik) dan kendaraan yang nyaman. Dan empat hal yang membuat susah: Tetangga yang tidak baik, istri yang tidak baik, rumah yang sempit dan kendaraan yang buruk. (HR. Ibnu Hibban)

b. Kedua, dia marah ketika makan dan tidak mau makan kecuali dipisah dengan yang lain. Dia tidak mau makan bersama-sama dengan orang lain.

وَاللَّاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا

“Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar”. (QS. An Nisa’: 34)


6. Syadaqah

Image result for sifat yang harus dijauhi istri dalam islam

Wanita yang banyak bicara tentang perkara yang sia-sia dan membuat gaduh sekitar.

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللهُ

“Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka).” (An-Nisa: 34)