Ini Baru Keren Inovasi Teknologi Gelang Getar Shalat Bantu Penyandang Tuli Untuk Shalat Jamaah

Advertisement

Advertisement 970x90px

Ini Baru Keren Inovasi Teknologi Gelang Getar Shalat Bantu Penyandang Tuli Untuk Shalat Jamaah

M Yazidinniam
9/25/18


Sumber gambar twitter.com/ganjarpranowo

Seperti inilah inovasi teknologi dari mahasiswi jurusan pendidikan agama islam, membuat sebuah inovasi yang membantu seorang tunarungu untuk ikut shalat berjamaah dengan sebuah gelang.

Mahasiswi Universitas Islam Sultan Agung Semarang bernama Aisyah Ardani menjadi inovator gelang getar shalat (GGS) yang bermanfaat bagi penyandang tunarungu atau tuli. Alat ini akan membantu penyandang tuli untuk shalat berjamaah.

Mahasiswi yang juga menyandang disabilitas ini menjadi inovator dari gelang getar shalat.

Fungsi dari Gelang Getar Shalat ialah sebagai indikator gerakan shalat berupa getaran, Efek getaran dari gelang dipilih karena membantu penyandang tunarungu saat melakukan ibadah shalat.

Untuk penggunaanya gelang ini akan dipakaikan pada imam dan makmum, gelang yang dipakai imam akan mengirimkan sinyal setiap ia melakukan gerakan shalat kepada gelang yang di pakai makmum sehingga menghasilkan getaran dan sekaligus sebagai tanda bagi makmum.

"Kami menciptakan ini karena tidak banyak alat yang membantu teman-teman difabel, khususnya tunarungu dalam hal ibadah," katanya saat bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang seperti yang dikutip dari republika.co.id.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar meminta salah seorang rekan Aisyah untuk memasangkan GGS di lengannya dan mencoba mengoperasikannya.

Seperti pada video berikut ini: