Kesulitan yang Kamu Alami Ini Ujian Atau Azab dari Allah Begini Membedakannya
Cari Berita

Advertisement

Kesulitan yang Kamu Alami Ini Ujian Atau Azab dari Allah Begini Membedakannya

9/27/18


Apakah kehidupan kita yang tidak pernah berjalan baik ini adalah ujian dari Allah SWT atau Azab ? 

Bagaimana mengetahuinya, agar bisa menyikapi diri untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.


Mungkin banyak orang juga belum mengethui apa yang dialami saat ini adalah suatu bentuk ujian, musibah ataukah malah berbentuk azab dari Allah SWT.

Ketika seseorang berhadapan dengan suatu kejadian dalam hidupnya, banyak dari mereka yang menyikapinya dengan tenang karena setiap hal yang terjadi di dunia ini tidak lain datangnya dari Allah SWT.

Karena dengan begitu, kita akan merasa lebih tenang dan sabar dalam menghadapinya.

Kita semua meyakini bahwasanya apa yang kita alami saat ini ialah proses untuk menaikkan derajat kita ataupun sebagai penghapus dosa.

Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah menimpa seorang mukmin berupa rasa sakit (yang terus-menerus), rasa lelah, kekhawatiran (pada pikiran), sedih, kesusahan hati, atau sesuatu yang menyakiti sampai pun duri yang menusuknya melainkan akan dihapuskan dosa-dosanya." (HR.Bukhari dan Muslim).

Lantas bagaimana jika kehidupan kita yang tidak pernah berjalan baik ini bukankah itu ujian dari Allah SWT atau bahkan ini adalah bentuk Azab ?

Semua peristiwa yang terjadi pada kita ternyata diakibatkan oleh dua hal yaitu,


Pertama Karena banyaknya dosa dan kemungkaran yang kita kerjakan.

Kedua Merupakan keinginana Allah untuk meninggikan derajat hambanya bagi orang-orang yang bersabar dari datangnya ujian itu.

Perbedaan Antara Ujian dan Azab dari Allah SWT

Jika dilihat dari sudut pandang manusia, ujian dan azab merupakan dua hal yang hampir sama bahkan tidak bisa dikenali.

Inilah yang Dinamakan Ujian dari Allah

Ketika seseorang muslim yang taat ibadah mengalami hidup yang susah, namun selalu bersyukur kepada Allah maka hal seperti ini bisa dikatakan ujian, karena sifatnya untuk meninggikan derajatnya di dunia maupun di akhirat.

Inilah yang Dinamakan Azab dari Allah

Ketika manusia pernah melakukan kemaksiatan dan kemungkaran didunia hingga ia merasa bangga dan tenang-tenang saja dari balasan dari Allah, disitulah azab dunia akan datang dan sesungguhnya azab akhirat adalah lebih keras dan tak ada bagi mereka seorang pelindung dari (Azab) Allah.

“Dan Sesungguhnya kami merasakan kepada mereka sebahagian azab yang dekat (di dunia) sebelum azab yang lebih besar (di akhirat), mudah-mudahan mereka kembali (ke jalan yang benar),” (QS. As Sajadah : 21).

Itulah bahan renungan yang bisa kita ambil adalah kesabaran dan selalu mengharapkan pahala merupakan langkah yang tepat untuk menyikapi setiap bentuk cobaan dari Allah.

Dan yang paling penting adalah kita sebagai seorang muslim senantiasa dianjutkan untuk selalu berperasangka baik kepada Allah SWT dalam setiap kejadian yang menimpa kita.

Semoga bermanfaat.