Untuk Wanita Dosa Jariyah yang Terus Mengalir Hingga di Akhirat
Cari Berita

Advertisement

Untuk Wanita Dosa Jariyah yang Terus Mengalir Hingga di Akhirat

9/28/18

Sumber gambar pratiksoatek.blogspot.com

Jarang Beramal Baik Tapi Malah Banyak Mendapat Kiriman Dosa

Naudzubillah jika kita menjadi seorang muslimah yang setiap hari mendapat kiriman dosa.

Bahkan kita tidak sedang melakukannya namun dosa besar, kecil terus mengalir memenuhi timbangan amal buruk.

Sedangkan amal baik kita masih begitu kurang, bahkan masih sangat sedikit.

Lebih buruknya lagi dosa jariyah ini meskipun kita sudah meninggal tetap saja terus dialiri dosa karena perbuatan kita di masa lalu atau bahkan karena keburukan kita yang terus dilakukan orang lain.

Betapa menyedihkannya nasib orang ini, di saat semua orang membutuhkan pahala di alam barzakh, dia justru mendapat kucuran dosa dan dosa. Anda bisa bayangkan, penyesalan yang akan dialami manusia yang memiliki dosa jariyah ini.

Wajib Diketahui Sumber-sumber Dosa Jariyah

Diantara sumber dosa jariyah yang telah diperingatkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

1.Mempelopori Perbuatan Maksiat.

Mempelopori dalam hal ini artinya melakukan perbuatan buruk atau melakukan kejahatan dihadapan orang lain, sedangkan orang lain itu akan mencontoh dan mengikutinya.

Meskipun dia sendiri tidak mengajak atau mengajarkan kepada orang lain untuk mengikutinya.

2. Mengajak Melakukan Kesesatan dan Maksiat

Dia mengajak masyarakat untuk berbuat maksiat, meskipun bisa jadi dia sendiri tidak melakukan maksiat itu. Merekalah para juru dakwah kesesatan, atau mereka yang mempropagandakan kemaksiatan.

3. Menyebarkan Foto atau Video yang Memperlihatkan Aurat

Aurat adalah sesuatu yang harus di tutupi pada tubuh seorang muslim, untuk seorang wanita auratnya dimulai dari seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan wajah.

Sedangkan untuk seorang laki-laki dimulai dari pusar hingga lutut.

Barangsiapa yang mengabadikan dirinya dengan berfoto, memamerkan bentuk tubuhnya tanpa menutupi aurat lalu di disebarkannya maka selama foto itu dilihat orang maka dosanya akan terus mengalir kepadanya.

4. Penyebar Berita Bohong dan Fitnah

Pasti kita pernah mendengar istilah, fitnah lebih kejam daripada pembunuhan kebalikan dari menyampaikan ilmu yang bermanfaat (sumber pahala yang tidak akan terputus meski sudah meninggal) menyebarkan kebohongan dan memfitnah adalah sumber dosa yang tidak akan berhenti meski ditinggal mati.

Satu perkataan bohong, lantasi disebarkan dan didengarkan orang lain, kemudian oranglain itu menyebarkan kepada sekelompok orang lagi. maka dosa tersebut tidak akan berhenti mengalir.

Seperti yang terturlis dalam hadits : "Siapa yang mengajak kepada kesesatan, dia mendapat dosa seperti dosa orang yang mengikutinya, tidak dikurangi sedikit pun." (HR Muslim dan Ahmad)

Hidup sebentar didunia ini sungguh tidak patut jika kita hanya meninggalkan keburukan, perbaikilah dengan lebih banyak menyebarkan ilmu-ilmu yang bermanfaat agar pahala jariyah yang mengalir.

Semoga bermanfaat.