Pahala Terus Mengalir Meski Sudah Meninggal Karena Amalan Ini Saat Masih Hidup Istiqomah Dilakukan
Cari Berita

Advertisement

Pahala Terus Mengalir Meski Sudah Meninggal Karena Amalan Ini Saat Masih Hidup Istiqomah Dilakukan

11/19/18

Sumber gambar muslimahzone.id

Bahagianya ahli kubur yang semasa hidupnya mengamalkan ini secara istiqomah, apa yang ia usahakan didunia meraih hasilnya ketika ia sudah di alam kubur.


Mendapatkan cahaya dari amal pahala yang ia lakukan di dunia.

Segala usaha dan pencapaian yang diraih didunia tidak akan pernah dibawa mati.

Dunia dan seisinya yang dimiliki semasa hidup akan ditinggal dan sudah tidak ada artinya lagi.

Namun hanya ada 3 hal yang akan terus bermanfaat bagi seorang yang sudah mati, seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadist:


إذا مات ابن آدم انقطع عمله إلا من ثلاث: صدقة جارية، وعلم ينتفع به، وولد صالح يدعو له. رواه مسلم


Artinya; jika anak cucu adam mati maka semua amal perbuatannya terputus kecuali tiga hal. Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang mendoakan orangtunya. (HR. Muslim).

Dari peristiwa tersebut berikut tiga amalan yang pahalanya tidak akan putus, meski yang bersangkutan telah mendahului kita semua:

  • Sedekah Jariyah

Sedekah jariah adalah sedekah yang diberikan dalam bentuk apapun namun memberi manfaat yang panjang tiada putus bagi orang lain. 

Dari peringatan diatasa jelas bahwa sedekah jariyah merupakan sedekah memberikan manfaat banyak bagi orang lain.

Sehingga pahalanya pun akan terus mengalir kepada orang yang melakukan sedekah ini meski orang tersebut telah meninggal dunia. 

Namun perlu diketahui bahwa inti dari sekedah ini adalah niat yang tulus serta ikhlas. Bukan karena mengharap pujian dan kebanggaan dari mata manusia lainnya.

  • Anak yang Shaleh

Amalan selanjutnya yang memberikan pahala tiada henti bagi yang melakukannya adalah anak yang shaleh. 

Anak yang shaleh adalah anak yang dididik dengan sangat baik oleh orang tuanya sehingga anak tersebut menjadi anak yang taat kepada Allah Swt.

  • Ilmu yang Bermanfaat.

Amalan terakhir yang akan diberi pahala tiada putus oleh Allah SWT adalah ilmu yang bermanfaat. Ilmu yang bermanfaat ini adalah ilmu yang berguna bagi orang lain dalam hal kebaikan. 

Selama ilmu yang diajarkan tersebut masih digunakan dan dimanfaatkan oleh orang lain maka selama itu pula pahala yang tiada henti akan mengalir terus kepada orang yang memberikan ilmu yang bermanfaat tersebut. Sekalipun orang yang memebrikan ilmu tersebut talah meninggal dunia.