Mendapat Kemudahan di Hari Kiamat dari Allah, Lakukan Ini Kepada Orang lain
Cari Berita

Advertisement

Mendapat Kemudahan di Hari Kiamat dari Allah, Lakukan Ini Kepada Orang lain

12/26/18


Hidup di dunia ini tidak selalu mudah dalam menjalani hidup, karena waktu terus berjalan, kadangkala kita berada diatas dan kadang kita berada di bawah.

Nah, saat kita berada dibawah ini tidak dipungkiri lagi kita akan membutuhkan pertolongan dari orang lain.

Sebagaimana Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang ingin diselamatkan oleh Allah SWT dari kesulitan pada Hari Kiamat, hendaklah ia memberikan kemudahan kepada orang yang sedang dalam kesulitan.” (HR. Muslim).

Banyak hal-hal ringan yang bisa kita lakukan untuk berbuat baik, memudahkan dan membantu orang lain, terlebih lagi keutamaan seperti yang dijelaskan Rasulullah.

Siapa saja yang memudahkan urusan orang lain maka Allah akan memudahkan apa yang menjadi kesulitannya.

Bersikap ramah, berkata santun, membantu saudara kita yang ditimpa musibah, sulit membayar hutang, kemiskinan, dan lain sebagainya.

Inilah kesempatan kita untuk meraih ridha dan surga-Nya dengan senang membantu dan memudahkan masalah saudara kita.

Membantu orang lain tidak harus dengan bantuan yang besar dan bernilai wah, tidak selalu juga harus bernilai materi seperti uang, ataupun benda berharga lain. sebab bantuan yang nilainya kecilpun tak mengapa asal kamu ikhlas melakukannya.

Oleh sebab itu, mengulurkan bantuan kepada orang lain sebisamu, tidak perlu memandang bantuan itu kecil ataupun besar, yang terpenting kamu membantu dengan bersungguh-sungguh dari hati yang penuh keikhlasan.

Karena disaat kamu ikhlas dalam membantu saudaramu maka Allah lah yang akan membantu semua urusanmu, dan Allah pula yang akan memberimu jalan ketika kamu dalam urusan yang sulit untuk kamu selesaikan.

ingatlah! dunia ini berputar, begitu juga dengan nasib hidupmu, pasti ada sukar ada mudah, ada sedih dan ada pula bahagia.

Jadi persiapkanlah dirimu untuk senantiasa membantu orang lain, takutnya esok hari atau lusa posisimu seperti dia yang sedang dialmi orang yang sedang kamu beri pertolongan.

Hal yang paling penting lagi yakni jangan lupa untuk ikhlas ketika membantu, agar balasan Allah pun benar-benar nyata kamu dapatkan.

Karena percuma saja ketika kamu membantu orang lain tapi niatmu bukan karena Allah, dan mengharapkan balasan dari orang yang kamu tolong maka perbuatanmu tidak akan mendapat balasan dari Allah, alias sia-sia.

Karena Allah akan selalu membalas kebaikanmu dengan sempurna, jika memang hatimu telah kamu sempurnakan dengan rasa ikhlas dan yakin bahwa hanya Allah lah satu-satunya dzat yang akan membalas setiap kebaikan hamba-Nya.

Demikianlah jika ingin hidupmu selalu berada dalam kemudahan, ingin mendapat pertolongan yang tidak disangka-sangka datangnya dalam setiap keadaan apapun, maka gemarlah kamu membantu urusan orang lain, sebab Allah akan membalasmu dengan yang lebih.