Jalan Setan Untuk Menyusup Kedalam Tubuh Manusia, Waspadailah
Cari Berita

Advertisement

Jalan Setan Untuk Menyusup Kedalam Tubuh Manusia, Waspadailah

12/25/18


Apabila nafsu syahwat yang datangnya dari setan lantas becampur dengan daging dan darah manusia, maka tidak dipungkiri lagi kekuasaan setan didalam tubuh manusia akan mengalir kedalam daging, darah bahkan masuk kedalam hati.

Seperti apa yang disabdakan Rasulullah SAW dalam Hadits yang diriwayatkan Ibnu Majah.

"Sesungguhnya setan itu masuk pada tubuh manusia didalam aliran darah. Maka sempitkanlah tempat jalannya itu dengan lapar"

Nah yang demikian ini dengan keadaan lapar yang menjadi jalan nafsu dan syahwat setan untuk masuk kedalam tubuh akan tersumbat.

“Aku akan duduk mengganggu mereka dari jalan yang lurus. Kemudian, datang kepada mereka dari hadapan dan dari belakangnya, dari kanan dan dari kirinya.” (QS. Al-A’raf: 16-17).

Dalam suatu riwayat lain menjelaskan, "Sesungguhnya setan itu duduk mengganggu manusia melalui beberapa jalan. Ia duduk menggoda manusia dengan jalan Islam  Setan itu berkata kepada manusia: ‘Apakah kamu masuk Islam, meninggalkan agamamu dan agama nenek moyangmu?’ Karena teguhnya pendirian manusia itu menantang setan dan memeluk Islam.

Tidak putus asa gangguan setan tetap berlanjut dengan jalan Hijrah. Lantas Setan itu berkata: ‘Apakah kamu hendak berhijrah, meninggalkan gemerlapnya dunia dan nikmatnya dunia?’ Tetapi manusia itu menantang setan dan berhijrah.

lalu setan itu duduk dan kembali menggoda manusia dengan jalan jihad. lalu Setan kembali berkata: ‘Apakah kamu akan berjihad? dan Kamu akan berperang dijalan Allah, lantas kamu terbunuh. Maka istrimu akan dinikahi oleh orang lain dan hartamu akan dibagi-bagikan kepada orang lain.’ karena kuatnya pendirian dan keyakinan manusia itu menantang setan dan berjihad. 

Sehingga Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang berbuat demikian, lalu meninggal, maka berhak bagi Allah untuk memasukkannya ke dalam surga.” (HR. An-Nasa’i).

Rasulullah menyebut arti bisikan tersebut, yakni goresan-goresan khawatir dalam hati seorang pejuang mujahid bahwa ia akan terbunuh dan istrinya akan dikawini oleh orang lain dan kekhawatiran-kekhawatiran lain yang menggoyahkan hatinya untuk berjihad.

Sebagaimana Firman Allah didalam Al Quran:

“Sesungguhnya setan itu musuh kamu. Sebab itu perlakukanlah dia sebagai musuh! Dia hanya mencari teman sepertinya dan dijadikan isi neraka yang menyala.” (QS. Al-Fathir: 6).

Orang yang bertakwa tidak susah menutup pintu setan dan menjaganya dengan penjagaan, yakni: pintu-pintu yang tampak dan jalan yang terang yang membawa kepada kemaksiatan, Sesungguhnya mereka jatuh pada jalan-jalannya yang sesat.

Yang sukar ialah, pintu-pintu yang terbuka bagi setan kepada hati itu banyak, sedang pintu malaikat itu sebuah saja. Dan pintu yang sebuah itu menyerupai dengan pintu-pintu yang banyak tadi.

“Sesungguhnya inilah jalanku yang lurus, maka ikutilah! Dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (selain jalan Allah).” (QS. Al-An’am: 153).