Lebih Dekat Dengan Allah Walau Ditengah Kesibukan, 6 Cara Ini Bisa Kamu Lakukan
Cari Berita

Advertisement

Lebih Dekat Dengan Allah Walau Ditengah Kesibukan, 6 Cara Ini Bisa Kamu Lakukan

12/19/18


Sibuk dengan kegiatan yang padat, mengurus pekerjaan, mengurus anak, kelelahan setelah beraktivitas terkadang membuat kita lalai dalam beribadah.

Padahal jik kita mau merenung, sejatinya manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah.

Sayangnya terlalu sibuk dalam aktifitas seolah waktu selama 24 jam tidak cukup untuk mengurusi urusan dunia dan melupakan urusan akhirat.

Setidaknya ada 6 cara yang dapat kamu lakukan agar tetap bisa beribadah, dekat dengan Allah walau ditengah kesibukanmu yang begitu padat.

1.Berkumpul dengan lingkungan baik

Meskipun dalam keadaan sibuk usahakan untuk dapat berkumpul dengan lingkungan yang baik, misalnya dalam suatu kajian. Dengan tergabung dalam lingkungan yang baik senantiasa diri ini akan terjaga, karena akan selalu ada yang saling mengingatkan dan menguatkan dalam hal kebaikan.

2.Selalu berzikir di berbagai kesempatan

Zikir kepada Allah diberbagai kesempatan adalah cara termudah untuk selalu beribadah dan mengingat Allah setiap waktu. Berzikir dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tidak hanya selepas shalat saja.

Zikir dapat dilakukan semisal saat sedang dalam perjalanan, sedang menunggu klien, atau saat sedang memasak. Dengan zikir dapat menentramkan hati dan mendapatkan pahala dan berkah dari Allah.

3. Selalu dalam kondisi berwudu

Menempatkan diri dalam keadaan berwudu merupakan salah satu cara untuk mengingat Allah. Dengan menjaga wudhu senantiasa menjaga diri dalam keadaan suci dan sebagai penjaga diri untuk meminimalisir perbuatan negatif.

Dalam kondisi berwudu juga memudahkan jika waktu shalat tiba sekaligus memberikan energi positif dikala penat dengan rutinitas yang padat.

4. Sholat tepat waktu

Meskipun kondisi sedang sibuk sholat tepat waktu jangan pernah ditinggalkan. Dengan sholat tepat waktu jadwal kegiatan dapat diselaraskan dengan waktu sholat.

Misalnya setelah sholat shubuh kemudian langsung bersiap untuk berangkat bekerja, kemudian setelah sholat dzuhur dilanjutkan untuk istirahat siang, selanjutnya waktu ashar tiba merupakan waktu kritis datangnya rasa kantuk dengan berwudhu dan shalat ashar dapat menyegarkan pikiran kembali.

5. Komitmen untuk membaca alquran minimal sehari satu ayat

Tidak ada salahnya mengawali hari dengan membaca Alquran sebelum memulai rutinitas meskipun hanya satu ayat sehari. Lebih baik lagi jika setelah membaca Alquran kemudian mentadabburi artinya dan mengimplementasikannya dalam kehidupan.

Banyak pahala dan kebaikan yang akan didapatkan oleh seorang muslim jika ia membaca Alquran. Rasulullah saw bersabda, bahswannya barang siapa yang membaca Alquran dari setiap hurufnya akan mendapatkan sepuluh kebaikan. Alif lam mim itu bukan satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf lam satu huruf mim satu.

6. Manfaatkan Teknologi

Sebagai kaum milenial yang pasti tidak asing dengan namanya teknologi. Segala kemudahan untuk mengakses berbagai informasi hanya dalam sentuhan jari.

Dengan memanfaatkan teknologi smartphone, sekalipun sibuk kita masih dapat mengakses ceramah maupun podcast yang islami.

Seperti halnya dengan mengikuti halaman Harian Islam di Facebook, Instagram dan You Tube.

Dengan mengikuti halaman-halaman yang ada di sosial media dengan konten islami dapat menjadi pengingat bagi kita, terjaga dan selalu ingat kepada Allah melalui postingan-postingan yang disebarkan.