Hal Kecil yang Sering Dilupakan Ketika Berwdlu, Padahal Berfadilah Besar
Cari Berita

Advertisement

Hal Kecil yang Sering Dilupakan Ketika Berwdlu, Padahal Berfadilah Besar

1/28/19

 Hal Kecil yang Sering Dilupakan Ketika Berwdlu, Padahal Berfadilah Besar

Hal Kecil yang Sering Dilupakan Ketika Berwdlu, Padahal Berfadilah Besar


Tidak ada satupun dari banaknya ulama’ yang meragukan keutamaan suatu ibadah atau perihal lain yang diawali dengan basmalah, termasuk dalam berwudhu. Nilai keberkahan wudhu antara yang diawali dengan basmalah dengan yang tidak sangat kontras perbedaannya.

Sebagaimana yang telah diketahui, bahwa wudlu menjadi salah satu syarat sahnya shalat. Selain itu, orang yang ingin memegang mushaf juga diwajibkan memiliki wudhu.

Wudhu juga menjadi prasyarat orang tawaf di Mekah. Wudhu sendiri memiliki syarat dan fardu tertentu yang harus dipenuhi. Ketika ada satu saja yang ditinggalkan, maka wudhunya tidak sah.

Selain syarat dan fardu, wudhu juga memiliki kesunahan-kesunahan yang perlu diperhatikan untuk menambah nilai ibadah. Salah satunya adalah membaca basmalah sebelum berwudhu. Rasulullah Saw. bersabda:

انه صلى الله عليه وسلم وضع يده في اناء وقال لاصحابه توضئوا باسمالله

Sesungguhnya Rasulullah SAW. meletakkan kedua tangannya pada sebuah bejana. Lalu beliau bersabda kepada sahabatnya: Berwudhulah kalian dengan (diawali)  basmalah.

Hadis tersebut menunjukkan kesunahan basmalah sebelum berwudhu. Hadis tersebut juga menjadi penguat dari hadis lain yang lebih umum, yaitu:

كل امر ذي بال لا يبدأ بسم الله الرحمن الرحيم فهو اقطع

Setiap perbuatan baik yang tidak didahului dengan bismillahirrohmanirrohim, maka ia akan terpotong keberkahannya.

Faidah membaca basmalah sebelum wudhu sangat luar biasa. Sungguh rugi orang yang sengaja meninggalkannya. Rasulullah SAW. bersabda:

من توضأ وذكر اسم الله كان طهورا لجميع بدنه وان لم يذكر اسم الله كان طهورا لاعضاء وضوئه

Barang siapa yang berwudhu dengan membaca basmalah, maka seluruh anggota tubuhnya menjadi suci. Dan barang siapa yang berwudhu tanpa membaca basmalah, maka hanya anggota wudhunya yang menjadi suci. (HR. Imam Daruquthni dan Al-Baihaqi)

Artinya, keberkahan wudhu akan sedikit berkurang apabila tidak diawali dengan basmalah. Yang seharusnya anggota badan bersih bathiniyah secara keseluruhan, namun karena tidak dimulai dengan basmalah hanya terpaku pada anggota wudhu saja.

Hal sepele seperti membaca basmalah ternyata memiliki manfaat yang cukup besar. Marilah biasakan diri membaca basmalah sebelum mengambil wudhu.

Wallahu A’lam.