Ciri Istri Solehah yang Menyenangkan Hati Suami dan 5 Dosa Istri Terhadap Suami yang Harus Dihindari
Cari Berita

Advertisement

Ciri Istri Solehah yang Menyenangkan Hati Suami dan 5 Dosa Istri Terhadap Suami yang Harus Dihindari

1/2/19

Merajut mahligai rumah tangga adalah impian semua orang. Memiliki pasangan yang bisa diajak berpartner dalam segala hal tentu menjadi nilai tambah tersendiri. 

Selain memiliki kepribadian yang baik, urusan agama juga penting untuk menjadi pertimbangan. 

Oleh karena itu, setiap pria wajib memiliki kriteria-kriteria khusus dalam memilih seorang istri yang terbaik.

Nah, taukah anda seperti apa ciri-ciri istri sholehah menurut islam?

Dosa Istri Kepada Suami yang Perlu Dihindari


1. Selalu melacak keberadaan suami


Cinta istri untuk suaminya baik-baik saja, asalkan itu masuk akal, namun, jika seorang istri terus meneror suaminya dengan pertanyaan “Di mana Anda? Siapa itu? Apa yang Anda lakukan?”

Setiap hari beberapa kali, ini bisa menunjukkan sikap posesif yang mungkin masuk ke level berlebihan dan membuat pasangan merasa dipenjara, Kecuali suami yang bahagia dan benar-benar bahagia diperlakukan seperti itu oleh istrinya.

2. Selalu berkata kasar


Seorang istri soleha tentu saja tidak marah kepada suaminya, apalagi menyindir dan memberi tahu suaminya dengan keras dengan alasan bahwa itu dilakukan atas dasar cinta, seharusnya, istri Soleha tidak melakukan hal seperti itu, istrinya yang baik tetap manis dan sopan terhadap suaminya.

3. Jauhkan suami dari ibu atau keluarganya


Kesal dengan ipar? Lalu jauhkan suami dari keluarganya sendiri? Tentu saja istri Soleha akan menghindari hal-hal seperti ini. Tetap pertahankan persahabatan antara suami dan keluarga Anda, dan juga hubungan antara suami dan keluarga Anda.

4. Tidak bisa hidup tanpa suami


Para istri harus ingat, bertanya pada Tuhan adalah hal pertama, cinta pada Nabi kedua, maka tidak ada kalimat “Tidak bisa hidup tanpa suami” dalam kehidupan seorang wanita soleha, karena itu, tetap pertahankan cinta untuk pasangan Anda dalam batas wajar dan tidak berlebihan.

5. Selalu menolak ajakan suami


Apa pun alasannya, istri Soleha harus dapat melayani suaminya dengan baik, terutama mengenai keinginan biologisnya, bahkan jika Anda ingin menolak, pastikan untuk alasan yang diizinkan oleh Syariah.

Lalu bagaimana karakter istri Soleha menurut Islam

1. Penuh cinta


Salah satu ciri wanita soleha adalah bahwa mereka memiliki sifat lembut dan penuh kasih sayang dengan orang-orang di sekitar mereka. Ini sesuai dengan hadis Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mengatakan:

أَلاَ أُخْبِرُكُمْ بِنِسَائِكُمْ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ؟ اَلْوَدُوْدُ الْوَلُوْدُ الْعَؤُوْدُ عَلَى زَوْجِهَا، الَّتِى إِذَا غَضِبَ جَاءَتْ حَتَّى تَضَعَ يَدَهَا فِي يَدِ زَوْجِهَا، وَتَقُوْلُ: لاَ أَذُوقُ غَضْمًا حَتَّى تَرْضَى

“Maukah aku beritahukan kepada kalian, istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata: “Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha.” (HR. An-Nasai dalam Isyratun Nisa no. 257.)

2. Berbakti pada suami


Istri yang solehah akan selalu berbakti kepada suaminya. Karena istri sadar bahwa untuk mendapatkan berkah Tuhan, mereka harus membuat suami mereka bahagia kepadanya.

Karena itu nabi mengajar umatnya untuk mencari istri karena agama mereka, bukan karena kecantikan, kekayaan, atau kedudukan mereka. Karena hanya wanita yang memiliki agama yang baik dapat menciptakan keluarga yang bahagia.

4. Jaga rahasia suami


Menjaga rahasia keluarga adalah hal mutlak yang harus dilakukan seorang wanita, terutama terkait dengan hubungan suami-istri. Jika ada kekurangan masing-masing pasangan dilarang memberi tahu siapa pun. Ini sesuai dengan hadits

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

فَلاَ تَفْعَلُوا، فَإِنَّمَا ذَلِكَ مِثْلُ الشَّيْطَانِ لَقِيَ شَيْطَانَةً فِي طَرِيْقٍ فَغَشِيَهَا وَالنَّاسُ يَنْظُرُوْنَ

“Jangan lagi kalian lakukan, karena yang demikian itu seperti syaithan jantan yang bertemu dengan syaitan betina di jalan, kemudian digaulinya sementara manusia menontonnya.” (HR. Ahmad 6/456,).

5. Rias diri Anda hanya untuk suami


Tidak seperti saat ini di mana ada banyak perempuan ketika meninggalkan rumah, perempuan hanya akan berpakaian ketika mereka di rumah dengan suami mereka. Karena ketika keluar rumah seorang wanita wajib menutupi aurat dan menyembunyikan kecantikannya.

Mereka para wanita sholehah berdandan untuk menyenangkan hati suaminya sehingga mendapatkan pahala dari apa yang dilakukannya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَلاَ أُخْبِرَكَ بِخَيْرِ مَا يَكْنِزُ الْمَرْءُ، اَلْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ، إِذَا نَظَرَ إِلَيْهَا سَرَّتْهَ وَإِذَا أَمَرَهَا أَطَاعَتْهَ وَإِذَا غَابَ عَنْهَا حَفِظَتْهَ

“Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya”. (HR. Abu Dawud no. 1417).

6. Melayani suami Anda di rumah


Wanita yang baik adalah yang melayani suaminya dengan baik. Bahkan dalam Islam mengajarkan seorang istri dilarang melakukan ibadah sunnah seperti puasa, safar, atau ibadah lainnya tanpa persetujuan suaminya, dikhawatirkan hal ini akan mencegah suaminya dari istimta ‘bersama istrinya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ يَحِلُّ لِلْمَرْأَةِ أَنْ تَصُومَ وَزَوْجُهَا شَاهِدٌ إِلاَّ بِإِذْنِهِ

“Tidak halal bagi seorang istri berpuasa (sunnah) sementara suaminya ada (tidak sedang bepergian) kecuali dengan izinnya”. (HR. Al-Bukhari – Muslim).

7. Mensyukuri pemberian suami


Salah satu alasan banyaknya perempuan yang masuk neraka adalah kekufuran (tidak bersyukur) dengan apa yang telah diberikan suami mereka kepada mereka. Saat ini ada banyak istri yang memberontak terhadap suami mereka.

Mereka mendapatkan yang baik dari suami mereka selama setahun penuh dan ketika mereka menemukan yang buruk dari suami mereka, mereka berkata “Aku belum pernah melihatmu dengan baik”.

Oleh sebab itu sebagai seorang wanita sholehah wajib bersyukur dengan apa yang telah suami berikan. Karena azab yang sangat pedih telah Allah siapkan pada istri yang durhaka pada suaminya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah bersabda:

لاَ يَنْظُرُ اللهُ إِلَى امْرَأَةٍ لاَ تَشْكُرُ لِزَوْجِهَا وَهِيَ لاَ تَسْتَغْنِي عَنْهُ

“Allah tidak akan melihat kepada seorang istri yang tidak bersyukur kepada suaminya padahal dia membutuhkannya.” (HR. An-Nasai dalam Isyratun Nisa.)