Inilah Golongan Manusia yang Tidak Tersentuh Api Neraka, Jadilah Salah Satunya
Cari Berita

Advertisement

Inilah Golongan Manusia yang Tidak Tersentuh Api Neraka, Jadilah Salah Satunya

1/7/19


Sangat beruntung sekali jika kita mampu menjadi salah satu dari golongan yang disebutkan rasulullah, jika kelak di akhirat tidak akan tersentuh api neraka.

Semua orang sudah pasti tidak ingin merasakan pedihnya jilatan api neraka, tidak akan terbayang bagaimana rasa panasnya api neraka jika tersulut api dunia saja sudah begitu sangat panas.

Untuk itu dengan harapan mampu menjadi salah satu dari empat manusia yang disebutkan Rasulullah SAW berikut ini:


‎ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﻣَﺴْﻌُﻮﺩٍ، ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ،ﻗَﺎﻝَ :ﺃَﻻَ ﺃُﺧْﺒِﺮُﻛُﻢْ ﺑِﻤَﻦْ ﺗُﺤَﺮَّﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭُ؟ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ : ﺑَﻠَﻰ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻗَﺎﻝَ : ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﻫَﻴِّﻦٍ، ﻟَﻴِّﻦٍ، ﻗَﺮِﻳﺐٍ، ﺳَﻬْﻞٍ

"Maukah kalian aku tunjukkan orang yang Haram baginya tersentuh api neraka?" Para sahabat berkata, "Mau, wahai Rasulallah!" Beliau menjawab:

"(yang Haram tersentuh api neraka adalah) orang yang *Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl*
(H.R. At-Tirmidzi dan Ibnu Hiban)

Siapa Si Hayyin itu?

Si Hayyin adalah orang yang memiliki sifat tenang dan berwibawa, baik pada sikap lahir maupun batinnya. Tidak labil atau tidak mudah tersulut emosi (ini karena kedalaman ilmunya tentang agama), tidak grusa-grusu dalam segala hal, dan senantiasa penuh pertimbangan. Tidak gampang mencaci, melaknat dan tidak gampang ngamuk hanya karena tersulut berita yang sampai padanya.

Siapa Si Layyin itu?

Si Layyin itu adalah orang yang lembut dan penuh kasih sayang, baik dalam bertutur-kata atau pada perbuatannya, taukah kamu wahai saudaraku? Bahwa Si Layyin itu tidak pernah berbuat kasar atau melakukan perbuatan semau gue, tidak suka marah-marah pada saudaranya muslim tanpa alasan yang syar’i. Lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk sesamanya.

Siapa Si Qaribin itu?

Si Qaribin itu adalah orang yang mudah untuk diajak berteman, ia suka menyambung silaturahmi, mudah akrab dengan seseorang, ramah diajak bicara, menyenangkan bagi orang yang mengajak bicara. Biasanya murah senyum, jika bertemu dengan saudaranya muslim wajahnya berseri-seri dan enak dipandang, suka menebarkan salam baik kepada orang yang ia kenal atau pada orang yang belum ia kenal.

Siapa Si Sahlin itu?

Si Sahlin adalah orang yang suka mempermudah urusan orang lain, tidak suka mempersulit sesuatu. Si Sahlin ini selalu menawarkan solusi bagi setiap permasalahan. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan membuat orang lain lari dan menghindar.

Empat Kelompok orang inilah yang dijelaskan dalam hadits yang termasuk diantara orang yang nanti akan terhindar dari api neraka yang menyala-nyala, yang Keempat-empatnya memiliki makna yang saling melengkapi dalam bingkai akhlak yang terpuji.

Mari kita senantiasa Berdoa kepada Allah yang maha memberi petunjuk semoga kita termasuk semua golongan yang tersebut di atas, In syaa Allah Aamiin.