Seperti Inilah Cara Mencari Jodoh yang Baik Secara Islami
Cari Berita

Advertisement

Seperti Inilah Cara Mencari Jodoh yang Baik Secara Islami

M Yazidinniam
1/31/19


Menikah dalam islam adalah perbuatan sunnah yang bila dikerjakan akan mendapat pahala, dan apabila tidak dilakukan tidak mendapat dosa dan juga tidak mendapatkan pahala.

Sayangnya banyak pasangan yang sudah menikah namun harus merelakan hubungan mereka berakhir dengan perceraian, tidak mampu mempertahankan rumah tingga hingga kematian yang memisahkan.

Dalam islam sendiri untuk urusan jodoh banyak sekali tipsnya agar tidak salah dalam memilih pasangan untuk dinikahi.

Untuk itu memperhatikan dengan siapa engkau menikah adalah hal yang wajib sebelum memutuskan untuk melamar dan menikahi calon pasangan. Meskipun Allah sudah mengetahui seperti apa jodoh kita tidak menutup kemungkinan kita untuk berikhtiar untuk mencari yang terbaik untuk diri kita.

Berikut ini perlu diperhatikan dengan siapa kelak kita akan menikah.

1. Pilihlah Jodohmu Berdasarkan Keimanan


Ukuran fisik ataupun yang bermuara pada dunia masih bisa dipertimbangkan, namun bagaimana agamanya adalah hal utama dalam menentukan jodohmu. Untuk itu sebagai seorang muslim yang baik dan taat kepada Allah, memilih jodoh berdasarkan Agamanya adalah pilihan yang terbaik.

2. Memperbaiki Diri Untuk Jodoh yang Terbaik


Wanita yang baik untuk pria yang baik, begitupun sebaliknya. kalimat tersebut pasti sudah kalian fahami, sebab memantaskan untuk calon pasangan yang baik adalah hal yang wajib. Datangnya kebaikan dari luar sudah tentu sesuai dengan kebaikan dan keshalihan diri kita.

3. Berkumpul dan Berteman dengan Orang-orang Shaleh


Perilaku seseorang dapat dicerminkan dari luarnya, dengan siapa ia bergaul dan bagaimana kondisi pergaulannya. Jika kita memiliki banyak teman shaleh atau shalihah, sedikit banyak kita akan tertular dengan keshalehan seseorang. Namun jika kita bergaul dengan orang yang tidak baik maka sedikit banyak perilaku kitapun juga tidak baik.

4. Doa dan Ikhtiar Kepada Allah


Segala urusan yang kita usahakan akan berbuah manis dan luar biasa jika kita mengikut sertakan Allah didalamnya. Semangat yang luar biasa dan terus berfikir positif Allah selalu memberikan yang terbaik kepada hambanya.

Disertai dengan doa yang terus menerus, Insya Allah apa yang kita inginkan Allah akan kabulkan.

Itulah tadi pembahasan mengenai bagaimana cara mencari jodoh yang baik secara islami, semoga bermanfaat dan terus semangat berikhtiar kepada Allah, semoga jodoh yang diberikan Allah seperti apa yang kita inginkan, Amin.