Mau Tau Tips Agar Doa Cepat Terkabul, Berikut Adab dan Syaratnya
Cari Berita

Advertisement

Mau Tau Tips Agar Doa Cepat Terkabul, Berikut Adab dan Syaratnya

1/29/19

Secara ringkas doa agar cepat dikabulkan dapat disimpulkan sebagai berikut

Sudah menjadi kewajiban bagi seorang muslim jika memiliki harapan hendaknya memohon kepada Allah SWT. namun terkadang sudah begitu lama memohon kepada Allah tak juga harapan itu dikabulkan.

Hingga terkadang putus asa menghampiri karena Allah tak kunjung mengabulkan doa kita, seorang muslim yang baik tentu harus memiliki sikap optimis dan berperasangka baik kepada Allah karena ditundanya harapan yang dikabulkan Allah bisa jadi itu jalan yang terbaik.

Coba sedikit renungkan firman Allah berikut:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)

Penjelasan dari ayat diatas bahwasanya Allah itu begitu dekat dengan hambanya dan Allah pasti akan mengabulkan apapun orang yang berdoa kepada-Nya.

Tips Agar Doa Cepat Dikabulkan Allah


Syekh M Ibrahim Al-Baijuri dalam kitabnya Tuhfatul Murid Ala Jauharatit Tauhid mengatkan. Orang yang berdoa hendaknya ia memanfaatkan waktu-waktu ijabah dimana pintu langit dibuka, orang yang berdoa juga dianjurkan dalam keadaan suci dan menghadap kiblat.

ومن آدابه أن يتحرى الأوقات الفاضلة كان يدعو في السجود وعند الأذان والإقامة ومنها تقديم الوضوء والصلاة واستقبال القبلة ورفع الأيادي إلى جهة السماء وتقديم التوبة والاعتراف بالذنب والإخلاص وافتتاحه بالحمد والصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم وختمه بها وجعلها في وسطه أيضا

Artinya, “Salah satu adabnya adalah menggunakan waktu-waktu yang utama, yaitu berdoa saat sujud, berdoa saat jeda antara azan dan iqamah. Salah satu adabnya lagi adalah bersuci terlebih dahulu, shalat, menghadap kiblat, mengangkat kedua tangan ke arah langit, bertobat terlebih dahulu, pengakuan dosa terlebih dahulu, ikhlas dalam berdoa, membuka doa dengan tahmid dan shalawat nabi, mengakhiri doa dengan shalawat nabi, dan juga membaca shalawat nabi di tengah doa,” (Lihat Syekh M Ibrahim Al-Baijuri, Tuhfatul Murid ala Jauharatit Tauhid, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah: tanpa catatan tahun] halaman 92).

 Secara ringkas, adab dan tata cara berdoa agar cepat dikabulkan dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Memakan makanan yang halal.
  2. Meyakini dengan sepenuh hati doanya pasti diijabah.
  3. Menjaga hati agar tidak lalai saat berdoa dan fokus hanya kepada Allah.
  4. Tidak memohon dosa yang mengandung dosa.
  5. Tidak memohon doa yang dapat memutuskan hubungan silaturahmi.
  6. Tidak memohon doa yang dapat menyia-nyiakan hak umat Islam.
  7. Tidak memohon doa yang mustahil secara umum.
  8. Memanfaatkan waktu-waktu yang mustajab dalam berdoa, yaitu waktu sujud dan waktu jeda antara adzan dan iqamah.
  9. Wudhu dan shalat sunnah terlebih dahulu sebelum berdoa.
  10. Menghadap kiblat dan mengangkat kedua tangan saat berdoa.
  11. Tobat dan memohon ampun atas dosa-dosa terlebih dahulu sebelum berdoa.
  12. Ikhlas dalam berdoa dan memohon yang terbaik kepada Allah.
  13. Membuka doa dengan bacaan tahmid dan bacaan shalawat nabi.
  14. Mengakhirinya dengan bacaan shalawat kepada nabi.
  15. Membaca shalawat nabi di tengah-tengah bacaan doa.


Demikianlah Tips Agar Doa Cepat Dikabulkan Allah, syarat dan adab yang ada diatas hendaknya diamalkan yang ingin berdoa. semua tips diatas diharapkan dapat menjadikan kita lebih dekat kepada Allah.