Waktu Terbaik Shalat Tahajud dan Doa Setelah Shalat Tahajud Pasti Dikabulkan
Cari Berita

Advertisement

Waktu Terbaik Shalat Tahajud dan Doa Setelah Shalat Tahajud Pasti Dikabulkan

1/16/19
Waktu terbaik shalat tahajud harus kita ketahui agar doa kita cepat terkabul

Shalat Tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari setelah tdur. Tata cara shalat tahajud sama seperti shalat sunnah pada umumnya, dilakukan dalam 2 rakaat dan salam.

Shalat Tahajud menjadi salah satu shalat sunnah yang memiliki banyak keistimewaan.

Allah memberikan kemudahan kepada hamba-hambanya yang mau bangun di sepertiga malam di saat banyak orang masih terlelap tidur.

Waktu Shalat Tahajud Sebelum Atau Setelah Tidur?


Imam Romli dalam karyanya Nihayatul Muhtaj Ila Syarhil Minhaj menyebutkan :

ويسن (التهجد) بالإجماع لقوله تعالى {ومن الليل فتهجد به نافلة لك} [الإسراء: 79] ولمواظبته - صلى الله عليه وسلم - وهو التنفل ليلا بعد نوم

Artinya : Shalat Tahajjud disunnahkan dengan kesepakatan ulama berdasarkan firman Allah Taala (dan pada sebagian malam hari shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu(QS. Al-Isra’ ; 79)) Dan juga berdasarkan ketekunan nabi Muhammad SAW dalam melaksanakannya. Shalat Tahajjud adalah shalat sunnah di malam hari setelah tidur.(Syihabuddin Al-Ramli, Nihayatul Muhtaj Ila Syarhil Minhaj, Beirut-Dar al fikr, 1404 H., hal. 131 juz 2.)    

Dengan nada yang sama Syekh Sulaiman Ibn Muhamad ibn Umar Al-Bujairomi  menyebutkan :

وتهجد- أي: تنفل بليل بعد نوم

قوله: بعد نوم- ولو يسيرا، ولو كان النوم قبل فعل العشاء، لكن لا بد أن يكون التهجد بعد فعل العشاء، حتى يسمى بذلك وهذا هو المعتمد

Artinya : Dan sunnah melaksanakan shalat tahajjud, yaitu shalat sunnah setelah tidur.
Penjelasan dari frasa (setelah tidur) : walaupun tidur sebentar dan tidurnya dilakukan sebelum shalat Isya, tapi shalat tahajjud tetap dilakukan setelah shalat Isya. Oleh sebab itulah shalat ini disebut shalat Tahajjud(tahajjud : tidur di waktu malam) dan inilah pendapat yang Mu’tamad atau kuat.(Sulaiman Ibn Muhamad ibn Umar Al-Bujairomi, Hasyiyatul Bujairomi ala Syarhil Minhaj, Mathba’ah Al-Halabi, 1369 H., hal. 286 Juz 1)
 Waktu terbaik shalat tahajud harus kita ketahui agar doa kita cepat terkabul

Batas Waktu Melakukan Shalat Tahajud


Waktu sholat tahajud paling utama ialah pada waktu sepertiga malam terakhir, dimana waktu sepertiga malam itu sendiri dimulai dari pukul 01.30 sampai dengan 03.30. 

Karena waktu sholat tahajud itu sendiri terbagi menjadi tiga bagian, yaitu sepertiga malam pertama yang dimulai dari pukul 19.30 sampai 10.30, waktu sepertiga malam kedua yaitu dimulai dari pukul 10.30 sampai dengan 01.30, dan waktu sepertiga malam terakhir adalah pukul 01.30 sampai 03.30.

Sehingga untuk anda yang mungkin ingin mengerjakan sholat tahajud lebih awal, maka anda bisa mengerjakannya pada waktu sepertiga malam yang pertama atau sesuai sholat isya. 

Dan untuk batas waktu sholat tahajud itu sendiri ialah berakhirnya pada waktu sepertiga malam yang terakhir atau menjelang waktu subuh, atau kurang lebih ialah pukul 03.30. Sehingga untuk anda yang ingin mengerjakan sholat sunnah tahajud ini memiliki banyak waktu sholat tahajud yang disediakan.

Waktu terbaik shalat tahajud harus kita ketahui agar doa kita cepat terkabul

Tata Cara dan Niat Shalat Tahajud Arab


Tata cara sholat tahajud lengkap dan benar beserta niat dan bacaannya
Mengenai tata cara sholat tahajud, sholat sunnah ini dikerjakan 2 rakaat lalu salan, 2 rakaat lalu salam dengan jumlah rakaat tak terbatas.

Berikut untuk niat shalat tahajud:



Artinya:
"Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Taala."

Doa Setelah Shalat Tahajud Pasti Dikabulkan


Doa setelah sholat tahajud yang mudah-mudahan dapat mengabulkan permintaan teman-teman kepada allah swt, pada saat memanjatkan doa setelah sholat tahajud yakinkanlah keyakinan teman teman bahwasanya allah akan mengabulkan doa yang telah kita panjatkan.

Khusus lah pada saat berdoa, dengan begitu mudah-mudahan doa kita cepat dikabulkan, berikut doa nya mari kita pelajari bersama-sama.


Artinya : "Wahai allah, milikmulah segala puji, engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya, milikmulah segala puji, engkaulah penguasa raja langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya, milikmulah segala puji,  engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk  yang ada di dalamnya, milikmulah segala puji, engkaulah yang hak benar janjimulah yang benar, pertemuan denganmu adalah benar, perkataanmu benar, surga itu benar ada, neraka itu benar ada, para nabi itu benar, nabi muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar ada, wahai allah hanya kepadamulah aku berserah diri, hanya kepadamulah aku beriman, hanya kepadamulah aku bertawakkal, hanya kepadamulah aku kembali, hanya denganmulah kuhadapi musuhku, dan hanya kepadamulah aku berhukum, oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang mungkin akan ku lakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang terangan, dan dosa dosa lainnya yang engkau lebih mengetahuinya, dari pada aku, engkaulah yang maha terdahulu dan engkaulah yang maha terakhir, tak ada tuhan selain engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Demikianlah pembahasan mengenai waktu terbaik shalat tahajud dan batas melakukan shalat tahajud serta poin-poin penting yang harus anda ketahui seperti niat dan doa setelah melakukan shalat tahajud.

Semoga bermanfaat.