Amalan yang Dapat Menjauhkan Kita Dari Siksa Kubur, Lakukan Setiap Hari
Cari Berita

Advertisement

Amalan yang Dapat Menjauhkan Kita Dari Siksa Kubur, Lakukan Setiap Hari

2/14/19
Amalan yang Dapat Menjauhkan Kita Dari Siksa Kubur. Beberapa amalan ini haruslah setiap hari untuk meraih ridho Allah agar dijauhkan dari siksa kubur yang amat pedih.

Nanti setelah hari kiamat, seluruh umat manusia akan dikumpulkan untuk dimintai pertanggung jawaban atas perbuatan yang sudah dilakukan didunia. Jika amal baiknya banyak maka ia akan ditempatkan di surga. Namun apabila amak buruknya banyak maka ia akan disiksa di neraka.

Tetapi sebelum mereka disika dineraka dialam kubur mereka mendapat azab pedih dari Allah SWT karena perbuatan buruknya selama didunia, seperti maksiat, musryik dan perbuatan dosa lainnya.

Tidak bisa dibayangkan bagaimana sakitnya siksa kubur ini hingga banyak dari mereka yang sudah meninggal ingin dibangkitkan kembali untuk beramal sholeh.

Hingga apabila datang kematian kepada seorang dari mereka, dia berkata, "Ya Rabbku kembalikanlah aku (ke dunia) agar aku beramal shalih terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkan saja. Dan dihadapan mereka ada barzakh sampai hari mereka dibangkitkan." (Qs Al Mukminun: 99-100)

Begitulah kondisi mereka yang sudah mati dan mendapat siksa kubur di alam barzah. Untuk itu kita perlu memperbanyak amal sholeh agar terhindar dari siksa kubur.

Amalan yang Bisa Menjauhkan Kita dari Siksa Kubur

Berikut ini beberapa amalan yang mampu menjauhkan kita dari siksa kubur yang amat pedih:

Senantiasa Shalat Lima Waktu


Sebagai seorang muslim amal pertama kali yang ditimbang dan dipertanggung ialah shalat lima waktu. Karena shalat lima waktu adalah kewajiban yang harus dilakukan setiap muslim, bagaimanapun kondisinya harus tetap dilaksanakan.

Doa Agar Terhindar dari Siksa Kubur


Rasulullah Saw bersabda, Jika salah seorang dari kalian selesai tasyahud akhir (sebelum mengucap salam), mintalah perlindungan Allah dari Empat perkara: [1]Siksa Neraka [2]Siksa Kubur [3]Penyimpangan hidup dan mati [4]Keburukan Dajjal (HR. Muslim)

Doa yan dibaca adalah sebagai berikut: 

"Allahumma inni a’udzu bika min ‘adzabil qobri, wa ‘adzabin naar, wa fitnatil mahyaa wal mamaat, wa syarri fitnatil masihid dajjal."

Terjemah dari doa diatas adalah "Ya Allah, aku meminta perlindungan kepada-Mu dari siksa kubur, siksa neraka, penyimpangan ketika hidup dan mati, dan kejelekan Al Masih Ad Dajjal."

Istiqomah Membaca Surat Al Mulk


Seperti yang dijelaskan didalam hadist dari Abdullah bin Mas'ud ia berkata: "Barangsiapa membaca, "Rabarokalladzi bi yadhil mulk[Surat Al Mulk]" setiap malam, maka Allah SWT akan menghalanginya dari pedihnya siksa kubur. Dimasa Rasulullah SAW Surat Al Mulk ini dinamakan Al Mani'ah" [Penghalang dari siksa kubur]. Dia adalah surat didalam Al Quran. Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak perbuatan baik." (HR. An Nasai)

Memperbanyak Sedekah Untuk Menghalangi Siksa Kubur


Sesungguhnya sedekah itu akan mengurangi kepanasan dan kesakitan saat dialam kubur. Barangsiapa yang selalu memberikan sedekah, bahwasannya seorang tersebut akan mendapatkan naungan kelak dihari kiamat dibawah sedekah yag ia keluarkan.

Itulah tadi pembahasan mengenai Amalan yang Dapat Menjauhkan Kita Dari Siksa Kubur. Beberapa amalan diatas senantiasa diamalkan untuk meraih ridho Allah agar dijauhkan dari siksa kubur yang amat pedih. Memperbanyak sedekah, membaca doa sesuai tuntunan Rasulullah, membaca surat Al Mulk saat malam hari.

Dengan demikian semoga Allah menghindarkan kita dari siksa kubur. Amin.