Cara Menghapus Dosa Selain Dengan Bertaubat, Lakukan 6 Hal Ini
Cari Berita

Advertisement

Cara Menghapus Dosa Selain Dengan Bertaubat, Lakukan 6 Hal Ini

M Yazidinniam
2/12/19

Cara yang Tepat Membersihkan Dosa dengan Bertaubat

Manusia menjadi tempatnya salah dan dosa, tidak ada manusia yang sempurna yang selama hidupnya tidak pernah melakukan dosa. cara menghapus dosa bisa dengan melakukan hal-hal ini.

Dosa kecil maupun dosa besar terkadang manusia tidak pernah menyadari jika telah melakukan dosa.

Rasulullah SAW mengingatkan kepada manusia untuk berusaha menjauhi segala hal yang bisa menjadi penyebab kita melakukan dosa.

"Rasulullah SAW bersabda: Jauhilah oleh kalian enam dosa yang menghancurkan. Ditanya kepada Rasulullah SAW.'Apa saja kah dosa itu, ya, Rasulullah?' dijawabnya, 1. Syirik (menyekutukan Allah) 2. Membunuh (manusia) atau yang dilarang Allah selain mahluk yang diperbolehkan untuk dibunuh sesuai syariat 3. Memakan harta anak yatim, 4. Riba, 5. Mundur saat perang, 6. Menuduh zina terhadap wanita sholehah. Mereka tidak saling mengetahui dan mereka wanita beriman."

Cara yang Tepat Membersihkan Dosa dengan Bertaubat


Seperti yang dijelaskan dalam surat Az Zumar ayat 53, Allah SWT berfirman, "Katakanlah: Hai hamba-hamba Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang."

Selain melakukan shalat taubat, cara menghapus dosa juga dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini.

1. Bertaubat.

Tata Cara Niat dan Doa Shalat Taubat Nasuha Lengkap Sesuai Anjuran Rasulullah

2. Memperbanyak istighfar.
3. Banyak melakukan kebaikan.
4. Bersabar dalam bertaubat.
5. Bangun di sepertiga malam untuk shalat tahajud.
6. Berdoa mohon ampunan Allah SWT setelah shalat.

Demikianlah enam cara yang dapat kita lakukan untuk menghapus dosa yang telah diperbuat, baik disengaja maupun tanpa disengaja. Dengan enam hal diatas, Insya Allah.