Tata Cara Niat dan Doa Shalat Taubat Nasuha Lengkap Sesuai Anjuran Rasulullah
Cari Berita

Advertisement

Tata Cara Niat dan Doa Shalat Taubat Nasuha Lengkap Sesuai Anjuran Rasulullah

2/11/19
Memohon ampunan kepada Allah SWT dilakukan dengan cara shalat taubat dan memperbanyak istighfar, maka sebagai muslim wajib mengetahui tata cara shalat taubat, niat, doa dan waktu melakukannya.

Memohon ampunan kepada Allah SWT dilakukan dengan cara shalat taubat dan memperbanyak istighfar, maka sebagai muslim wajib mengetahui tata cara shalat taubat, niat, doa dan waktu melakukannya.

Tidak ada seorang pun didunia ini yang tidak memiliki dosa dan kesalahan selama ia hidup didunia, baik dosa yang tidak disadari maupun dosa yang disengaja dilakukan. Bahkan dosa besar dan dosa kecil sekalipun seseorang pernah melakukannya.

Beberapa alasan itulah yang menjadikan seorang muslim harus bertaubat, nah memohon ampunan kepada Allah SWT ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, tentunya yang di ridhoi Allah SWT.

Salah satunya dengan shalat taubat nasuha, seperti yang diajarkan Rasulullah SAW kepada umat islam yang sudah melakukan perbuatan dosa dan mengharap ampunan Allah SWT.

Pengertian Shalat Taubat Nasuha


Shalat Taubat Nasuha adalah shalat sunnah yang dilakukan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT dari segala bentuk dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan.

Ketika seorang muslim sudah melakukan shalat taubat nasuha diharapkan untuk tidak lagi melakukan dosa dan kesalahan yang sebelumnya sudah pernah diperbuat. Seperti maksiat, berkhalwat ataupun perbuatan lain yang dilarang agama.

perintah untuk melakukan shalat taubat dituangkan dalam QS. Surat AT Tahrim ayat 8 yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat nasuha (taubat yang sebenar-benarnya). Mudah-mudahan Allah akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir dibawahnya sungai-sungai".

Allah Menyukai Hambanya yang Mau Bertaubat dan Menjauhkan Diri dari Dosa


Dalam QS.Al Baqarah 2:22 yang artinya:

"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri".

Dari terjemah ayat diatas membuktikan bahwa sebaik-baiknya manusia dihadapan sang pencipta bukanlah mereka yang tidak pernah berbuat salah, namun tapi mereka yang bila melakukan dosa langsung bertaubat memohon ampunan-Nya.

Tata Cara Shalat Taubat Nasuha, Niat, Bacaan dan Doa Lengkap


Berikut ini dijelaskan bagaimana cara melakukan shalat taubat nasuha, niat shalat taubat nasuha, bacaan surat untuk shalat taubat nasuha dan doa setelah shalat taubat nasuha.

Waktu Shalat Taubat Nasuha yang Tepat


Perkara shalat adalah perkara yang wajib dan tidak dapat diundur-undur untuk melakkannya, oleh sebab itu. Jika seorang muslim berbuat dosa dan kesalahan sebaiknya bersegera untuk melakukan shalat taubat.

Untuk waktu pelaksanaanya sendiri sebagaimana melakukan shalat sunnah pada umumnya, diluar waktu shalat wajib, namun sebagian ulama menyatakan jika pelaksanaan shalat taubat nasuha yang utama pada sepertiga malam diwaktu shalat tahajud dilaksanakan.

Niat dan Tata Cara Shalat Taubat Nasuha



Berikut ini dijelaskan mengenai niat dan tata cara untuk melakukan shalat taubat nasuha:

  1. Niat Shalat Taubat Nasuha
  2. Takbirotul Ihram
  3. Membaca doa Iftitah
  4. Membaca surat Al Fatihah
  5. Membaca surat yang ada di Al Qur'an
  6. Rukuk
  7. I'tidal
  8. Sujud pertama 
  9. Duduk Diantara dua sujud
  10. Sujud kedua
  11. Berdiri untuk melanjutkan rakaat kedua
  12. Lalu dilanjutkan dengan duduk Tasyahud Akhir
  13. Salam
  14. Berdoa.

Doa Setelah Shalat Taubat Nasuha


Usai melakukan shalat taubat nasuha, maka perlu dilanjutkan untuk memperbanyak istighfar untuk memohon ampunan Allah SWT, sebagaimana dikatakan Abu Bakar dari Rasulullah SAW yang artinya:

"Hendaklah kalian membaca Laailaaha illallah dan istigfar lalu perbanyaklah membaca keduanya karena iblis berkata, 'Aku telah membinasakan manusia dengan dosa sedangkan mereka membinasakanku dengan Laailaaha illallah, istigfar. Lalu tatkala aku mengetahui demikian maka aku binasakan mereka dengan (mengikuti) hawa nafsu hingga akhirnya mereka menyangka dan merasa bahwa sesungguhnya mereka itu sedang mendapatkan petunjuk (dan sedang berada di atas kebenaran)'."
(HR. Al-Imam Al-Hafidz Ibnu Ya’la)

 Memohon ampunan kepada Allah SWT dilakukan dengan cara shalat taubat dan memperbanyak istighfar, maka sebagai muslim wajib mengetahui tata cara shalat taubat, niat, doa dan waktu melakukannya.

"Ya Allah, aku memohon ampun kepada-Mu dari semua dosa yang telah aku pintakan tobatnya kepada-Mu tapi aku mengulangi kembali melakukannya; dan aku memohon ampun kepada-Mu dari semua janji yang telah kuikrarkan kepada-Mu tetapi tidak kutepati; dan aku memohon ampun kepada-Mu dari semua amal yang semula kuperuntukkan bagi-Mu Yang Mulia tetapi lalu dicampuri oleh selain-Mu; dan aku memohon ampun kepada-Mu dari semua nikmat yang telah Engkau curahkan kepadaku lalu aku pergunakan untuk berdurhaka kepada-Mu; dan aku memohon ampun kepada-Mu ya Allah Yang Maha Mengetahui segala yang ghaib dan yang nyata dari semua dosa yang telah kuperbuat disiang hari ataupun di kegelapan malam, ditempat ramai atau di tempat sunyi, secara tersembunyi atau terang-terangan, wahai Dzat Yang Maha Penyantun."

Demikianlah penjelasan panjang mengenai Tata Cara Niat dan Dosa Shalat Taubat Nasuha Lengkap yang sesuai anjuran Rasulullah SAW.

Semoga bermanfaat, terima kasih.