Golongan yang Dijamin Jadi Penghuni Surga, Kita Masuk Golongan Mana?
Cari Berita

Advertisement

Golongan yang Dijamin Jadi Penghuni Surga, Kita Masuk Golongan Mana?

M Yazidinniam
2/6/19



Harapan terbesar seorang muslim ketika kelak di akhirat ialah menjadi penghuni surga. Karena amal yang kita kumpulkan didunia yang akan membawa kita pada ridho Allah SWT dan surga-Nya. Maka janji Allah tentang surga untuk mereka yang akan menghuninya.

Semua muslim yang taat, beriman dan bertaqwa hanya kepad Allah akan dimasukkan ke golongan-golongan penghuni surga. Menjadi penghuni surga tergantung apa yang bisa kita lakukan didunia ini.

Jik kita ingin mengetahui akan dimasukan kedalam golongan yang mana yang akan dimasukkan kedalam surga, berikut ini ciri-ciri orang yang menjadi bagian dari penghuni surga.

1. Para Pemimpin yang Adil


Menjadi pemimpin memang haruslah berlaku adil, sebab segala hal yang menjadi tanggung jawabnya akan dipertanyakan dan dipertanggung jawabkan kelak di akhirat.

Maka berbahagialah bagi kalian para pemimpin yang dapat berlaku adil, karena akan mendapatkan naungan disisi Allah SWT. Disini pemimpin dimaksud tidak hanya seorang pemimpin negara, penguasa, tetapi juga seorang suami yang memimpin istri dan anak-anaknya.

2. Orang-orang yang Lebih Dulu Masuk Islam


“Dan orang-orang yang paling dahulu beriman, merekalah yang dahulu masuk Surga. Mereka itulah yang didekatkan (kepada Allah). Berada dalam Surga kenikmatan.” (QS: Al – Waqi’ah: 10)

3. Orang-orang yang Menerima Buku Catatan Amal dari Sebelah Kanan


“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri. dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya). dan naungan yang terbentang luas. dan air yang tercurah. dan buah-buahan yang banyak. Yang tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya. dan kasur-kasur yang tebal lagi empuk. Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langusung, dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan, penuh cinta lagi sebaya umurnya, kami ciptakan mereka untuk golongan kanan”. (QS: Al – Waqi’ah 27-38).

4. Orang yang Bersedekah Dengan Tangan Kanan Sehingga Tangan Kirinya Tidak Mengetahui Apa yang Diperbuat


Allah akan memberikan perlindungan kepada mereka yang gemar sedekah dengan hati ikhlas dan lapang hanya untuk meraih ridho Allah SWT.

Saat bersedekah ia tidak memamer-mamerkannya, bahkan cenderung diam dan merendah hingga tidak diketahui orang lain.

5. Seorang yang Berdzikir Kepada Allah Lalu Menitikkan Airmatanya


Berdzikir dengan hati yang tulus, ridho dan ikhlas seorang diri dengan perasaan yang pasrah kepad Allah hingga meneteskan airmata sebagai bukti takut dan kecintaan kita kepada Allah SWT. Menyadari begitu lemahnya kita dihadapan Allah SWT serta merasa dirinya penuh dosa hingga memohon ampunan kepada-Nya.

Itulah tadi beberapa golonga penghuni surga yang Allah ridhoi, semoga Allah menempatkan kita diantara golongan-golongan yang akan dimasukan kedalam surga. Wallahualam bishshawab.