Keutamaan Memelihara Jenggot, Malaikat Berebut Air Wudhu dari Tetesannya
Cari Berita

Advertisement

Keutamaan Memelihara Jenggot, Malaikat Berebut Air Wudhu dari Tetesannya

2/5/19



Jenggot merupakan rambut yang tumbuh di bagian dagu dan kedua pipi seorang laki-laki. Jenggot yang tumbuh disebabkan adanya hormon testoteron yang ada didalam tubuhnya. Namun tumbuhnya jenggot seseorang berbeda-beda tergantung horman dan gen yang menumbuhkan jenggot itu sendiri.

Maka jenggot merupakan sebuah fitrah bagi seorang laki-laki meskipun tidak semua laki-laki memiliki. Bagi sebagian orang mungkin akan berfikiran jika kita memiliki jenggot atau memelihara jenggot yang tebal akan terlihat tua atau bahkan risih.

Hukum memelihara jenggot adalah sunnah sebagaimana Rasulullah menganjurkannya untuk tidak di potong.

"Potong Pendeklah Kumis dan Biarkanlah (Pelihara) Jenggot." (HR. Muslim no. 623)

Dari penjelasan hadist diatas maka alangkah baiknya kita mengikuti apa yang telah di perintahkan Rasulullah, karena ini adalah sunnah maka mengalir pahala jika kita mengamalkannya.

Dibalik apa yang diperintahkan Rasulullah pasti memiliki banyak manfaat, kita sebagai seorang muslim hendaknya mengambil hikmah dan manfaat dari apa yang Rasulullah ajarkan. Berikut manfaat memelihara jenggot:

Jenggot Menjadi Pembeda Orang Muslim dan Orang Musyrik


Abdullah bin Umar berkata : Bersabda Rasulullah SAW : Janganlah kamu menyerupai orang-orang Musyrikin, peliharalah jenggot kamu dan tipiskanlah kumis kamu." (HR al Bukhari, Muslim dan al Baihaqi)

Malaikat Berebut Air Tetesan Wudhu yang Jatuh dari Jenggot

Pada zaman Rasulullah, seorang laki-laki yang berjenggot hanya 2 helai dan datang ke masjid untuk mengambil wudhlu, lelaki tersebut memandangi Rasulullah dan Rasul pun tersenyum karena melihat lelaki ini. Lelaki ini merasa bnggung karena merasa Rasulullah tersenyum padanya karena jenggotnya yang hanya tersisa 2 helai.

Lantas keesokan harinya lelaku tersebut datang kembali ke masjid namun dengan penampilan yang berbeda, ia mencukur habis jenggot yang dimilikinya. Ia pun bertemu kembali dengan Rasulullah, namun Rasulullah tidak menampakkan senyumannya kembali. Karena heran ia pun bertanya kepada Rasulullah.

"Wahai Rasulullah mengapa hari ini engkau tidak tersenyum kepadaku seperti saat sebelumnya?"

Lantas Rasulullah menjawab "Sebelumnya aku melihat malaikat berebut untuk menadah air wudhu yang menatas dari jenggotmu, tetapi kamu mencukur habis jenggotmu, tidak ada lagi malaikat yang menunggu di jenggotmu wahai sahabat".

Masya Allah hanya karena jenggot yang kita mungkin menganggapnya hanya masalah sepele. Namun dibalik sebuah kisah tersebut kita belajar bahwasannya banyak hikmah yang patutnya kita syukuri, sebab apapun yang diajarkan Rasulullah pasti membawa berkah bagi umatnya.