Meskipun Mati Syahid Dosa Ini Tetap Akan Dibawa dan Tidak Diampuni
Cari Berita

Advertisement

Meskipun Mati Syahid Dosa Ini Tetap Akan Dibawa dan Tidak Diampuni

2/1/19


Siapa didunia ini yang tidak memiliki hutang, banyak orang yang terlilit hutang dikuras habis hartanya hingga akhirnya dibawah mati.

Hutang menjadi hal yang sangat dianjurkan untuk dihindari, sebab hutang menjadi penghalang jiwa seseorang untuk masuk kedalam surga. Meskipun seseorang tersebut meninggal dalam keadaan syahid.

Bukankah orang yang mati syahid itu sudah pasti masuk surga, namun karena semasa hidupnya masih memiliki hutang maka tidak jadi dimasukkan kedalam surga sebelum hutang-hutang nya didunia lunas.

Dalam hadist Rasulullah juga diterangkan, jika jiwa seseorang yang berada di tangan Allah dan mati dalam keadaan berjihad di jalan Allah, lantas dihidupkan kembali lalu ia memiliki hutang dan meninggal, maka jiwa nya tidak dapat masuk surga karena masih tertahan dengan hutang-hutang nya sebelum dilunasi.

Doa Rasulullah Agar Terhindar dari Hutang


“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berdo’a di akhir shalat (sebelum salam): Allahumma inni a’udzu bika minal ma’tsami wal maghrom (Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari berbuat dosa dan banyak utang).”

Lalu ada yang berkata kepada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Kenapa engkau sering meminta perlindungan adalah dalam masalah hutang?” Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika orang yang berhutang berkata, dia akan sering berdusta. Jika dia berjanji, dia akan mengingkari,” (HR. Bukhari no. 2397).

Ini menjadi bukti bahwa masalah hutang didunia tidak bisa diremehkan begitu saja, sebab orang yang mati syahid ketika masih masih membawa hutang dapat menjadi penghalang baginya untuk mencapai derajat syahadah tertinggi.

Dalam hadits lain Rasulullah bersabda:

"Seorang yang Mati Syahid akan Diampuni Segala Dosa-dosanya Kecuali Hutang" 
(HR. Muslim No. 3498)

Semoga kita dijauhkan dari perilaku gemar berhutang dan Allah selalu menjadikan kita hamba yang senantiasa bersyukur dalam segala keadaan, amin.